Dompet

Ini cara aktivasi BTN mobile banking, khusus nasabah BTN

Senin, 18 November 2019 | 04:42 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Ini cara aktivasi BTN mobile banking, khusus nasabah BTN

ILUSTRASI. Aplikasi BTN Mobile Banking

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bila Anda nasabah Bank Tabungan Negara (BTN) sebaiknya segera aktifkan BTN mobile banking di smartphone.

Memang buat apa saya harus aktivasi?

Mengutip dari BTN Youtube Channel, aplikasi financial technology (fintech) ini dapat membantu nasabah melakukan transaksi keuangan dengan mudah.

Baca Juga: Ogah cari lokasi ATM, nasabah BCA bisa transfer dana pakai m-BCA

Sehingga, nasabah tidak perlu ke Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BTN atau gerai bank BTN untuk melakukan transaksi.

Aplikasi ini menawarkan layanan transfer ke sesama rekening BTN dan bank lainnya. Sama dengan lainnya, BTN mobile banking juga melayani pembelian serta pembayaran.

Selain itu, nasabah juga dapat cek suku bunga dan kurs melalui aplikasi ini.

Anda mulai tertarik menggunakan aplikasi ini? Untuk dapat menikmati kemudahan transaksi, Anda wajib melakukan aktivasi BTN mobile banking dulu, caranya :

  1. Anda cari mesin ATM BTN terdekat dari rumah atau kantor. Kemudian, Anda masukkan kartu debit ke dalam mesin ATM BTN, lalu masukkan nomor pin debit. Layar ATM akan menampilkan halaman menu utama.
  2. Anda ketuk menu "Registrasi e-channel" lalu ketuk menu "Mobile banking". Kemudian, Anda ketuk "Pendaftaran Mobile Banking".
  3. Anda masukkan nomor ponsel yang sudah didaftarkan di Bank BTN lalu ketuk "Benar".
  4. Setelah itu, Anda buat nomor pin BTN mobile banking yang terdiri dari enam digit angka. Anda masukkan sekali lagi nomor pin tersebut untuk konfirmasi lalu ketuk "Benar".
  5. Anda ketuk "Tabungan" pada halaman "Pilih jenis rekening Anda". Layar mesin ATM akan menampilkan halaman konfirmasi pendaftaran BTN mobile banking.
  6. Sebaiknya Anda teliti data tersebut, bila semuanya benar ketuk "Benar". Mesin ATM akan mengeluarkan struk pendaftaran BTN mobile banking, Anda ambil struk tersebut dan kartu debit.   
  7. Selanjutnya, Anda download dan install aplikasi BTN Mobile melalui App Store atau Play Store. Setelah proses install selesai, Anda buka aplikasi tersebut.
  8. Anda ketuk "Aktivasi" yang ada di halaman welcome home. Anda pun akan dibawa menuju halaman syarat dan ketentuan.
  9. Anda ketuk "Setuju" pada halaman tersebut untuk melanjutkan proses aktivasi. Layar ponsel akan membuka aplikasi Short Message Service (SMS) secara otomatis.
  10. Anda kirimkan pesan yang sudah dituliskan oleh sistem BTN tersebut. Secara otomatis Anda akan dibawa kembali ke halaman aktivasi BTN mobile banking.
  11. Selanjutnya, Anda buat password yang terdiri dari delapan karakter alfanumerik. Anda ketikkan sekali lagi password tersbeut untuk konfirmasi lalu ketuk "Aktivasi".
  12. Lalu, Anda masukkan nomor pin BTN mobile banking lalu ketuk "Aktivasi". Layar ponsel akan menampilkan pesan pop up berisi proses aktivasi berhasil. 

Baca Juga: Pakai BRI Mobile Banking, praktis bayar kartu kredit


Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru