Ini beberapa alasan memilih membeli mobil bekas daripada mobil baru

Sabtu, 15 Mei 2021 | 07:55 WIB Sumber: Kompas.com
Ini beberapa alasan memilih membeli mobil bekas daripada mobil baru


OTOMOTIF - JAKARTA. Sebagian orang lebih memilih untuk membeli mobil bekas daripada mobil baru. Ada beberapa alasan yang menurut mereka akan lebih untung jika membeli mobil dalam keadaan seken.

Salah satu yang kerap menjadi alasan kenapa memilih pasar mobil bekas yakni keterbatasan dana yang dimiliki konsumen. Selain itu, masih ada lagi beberapa keuntungan membeli mobil bekas.

"Kalau beli mobil bekas itu tetap masih ada keuntungannya, tinggal dilihat dari faktor mana," kata Joni Gunawan selaku pebisnis Mobil Bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Keuntungan pertama ketika membeli mobil bekas yakni mobil akan langsung siap dipakai setelah transaksi dilakukan.

Jika membeli mobil baru tentu saja harus mengurus data untuk surat-surat kendaraan. Bahkan ada yang harus inden terlebih dahulu untuk mendapatkan mobil yang diinginkan. Selanjutnya, pembeli mobil bekas akan mendapatkan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan mobil baru.

Dengan kondisi yang sudah pernah dipakai orang lain, tentu saja akan ada penurunan harga jual. Bahkan ada mobil yang harga jualnya turun banyak dari harga barunya. Hal ini tentu saja akan lebih menguntungkan bagi konsumen mobil bekas.

Baca Juga: Harga mobil bekas Toyota Camry ramah di kantong per Mei 2021, untuk generasi pertama

Kemudian, jika kita membeli mobil bekas dan berniat untuk menjualnya lagi, selisih harganya tidak terlalu jauh. Berbeda dengan membeli mobil baru dan menjualnya kembali. Bahkan ada yang bisa mendapatkan untung pada saat menjual kembali mobil bekas.

Terakhir, bagi konsumen yang mudah bosan dan suka berganti-ganti mobil, pasar mobil bekas menjadi pilihan tepat. Karena di pasar mobil bekas konsumen memilili banyak pilihan tipe mobil, model, dan tahun pembuatannya.

"Kalau berganti-ganti mobil tapi mobil baru kan memerlukan biaya yang banyak, berbeda kalau mobil bekas. Harganya akan lebih murah dan selisih jualnya juga tidak terlalu banyak dari harga beli," ucap Joni.

Jika tertarik untuk membeli mobil bekas tentu ada hal yang harus diperhatikan saat akan membeli mobil bekas. Karena dalam membeli mobil bekas, konsumen harus teliti untuk memilih unit. Namun kini sudah ada diler mobil bekas yang menyediakan inspeksi atau pemeriksaan untuk mobil bekas.

"Yang harus diperhatikan sebagai konsumen saat membeli mobil bekas. Seperti mobil bukan bekas tabrakan, tidak bekas kena banjir," kata Joni. (Arif Nugrahadi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Keuntungan Membeli Mobil Bekas"

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru