Ini 7 Cara Mengurus Kartu ATM Tertelan hingga Mendapatkan Kartu ATM Baru

Selasa, 06 Februari 2024 | 19:25 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 7 Cara Mengurus Kartu ATM Tertelan hingga Mendapatkan Kartu ATM Baru

ILUSTRASI. Cara Mengurus Kartu ATM Tertelan hingga Mendapatkan Kartu ATM Baru./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/17/04/2020.


TIPS & TRIK - JAKARTA. Cara mengurus Kartu ATM tertelan hingga penerbitan kartu baru. Cek panduan untuk mengatasi masalah kartu ATM bisa dilakukan dengan mudah hingga mendapatkan kartu debit baru Anda.

ATM tertelan merupakan salah satu kejadian di mana mesin ATM (Automated Teller Machine) menarik atau menelan kartu debit atau kredit yang Anda masukkan ke dalam mesin.

Kejadian ini dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti kesalahan teknis, masalah pada kartu, atau ketidaksesuaian informasi kartu dengan sistem bank.

Jika kartu Anda tertelan oleh mesin ATM, sebaiknya segera hubungi layanan pelanggan bank atau pemberi layanan kartu untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Layanan bank kini cukup beragam lewat fasilitas untuk bertransaksi secara aman. Kartu ATM menjadi alat pembayaran atau pengambilan uang dari rekening buku tabungan terdaftar.

Baca Juga: Intip Cara dan Syarat Mengganti Kartu ATM Kedaluwarsa agar Transaksi Lancar

Cara mengurus kartu ATM tertelan

Transaksi ATM

Namun, nasabah bisa saja mengalami masalah seperti kehilangan ATM yang hilang atau tertelan. Kartu ATM menjadi alat pembayaran atau pengambilan uang dari rekening buku tabungan terdaftar.

Bila kartu ATM Anda hilang dan tertelan saat bank tutup, ada beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan. Ikuti cara mengatasi kartu ATM tertelan hingga mendapatkan kartu baru.

1. Segera membuat laporan ke bank

Setelah bank buka kembali, segera hubungi bank dan laporkan bahwa kartu ATM Anda hilang dan tertelan. Bank akan memberikan nomor pengaduan dan memberitahu Anda tentang prosedur yang harus diikuti.

Nasabah juga bisa menghubungi call center dari setiap bank yang bersangkutan untuk mencari solusi terbaik. Beberapa bank memerlukan adanya surat kehilangan dari kepolisian.

2. Lakukan blokir kartu ATM

Untuk mencegah penyalahgunaan kartu ATM Anda, segera minta bank untuk memblokir kartu ATM Anda. Nasabah yang memiliki m-banking dapat melakukan pemindahan dana sementara ke kerabat secara berkala.

Hal ini tentu untuk menghindari adanya kejahatan skimming yang terjadi saat menggunakan kartu ATM.

3. Periksa rekening bank

Pastikan untuk memeriksa rekening bank Anda secara berkala dan pantau aktivitas keuangan Anda dengan hati-hati. Apabila ada transaksi yang mencurigakan, laporkan ke bank segera.

4. Ambil tindakan lebih lanjut

Jika Anda khawatir bahwa informasi kartu ATM Anda telah diretas atau dicuri, Anda mungkin perlu mengambil tindakan lebih lanjut seperti mengubah kata sandi akun bank atau menghubungi penyedia kartu kredit Anda.

Nasabah melakukan transaksi melalui atm

5. Ikuti Petunjuk Penerbitan Kartu ATM Baru

Pihak bank atau penerbit kartu akan memberikan petunjuk selanjutnya. Mereka mungkin meminta Anda datang ke kantor cabang atau memberikan prosedur penggantian kartu melalui layanan online.

Jika Anda diminta untuk mengganti kartu di kantor cabang, kunjungi kantor cabang bank dan minta kartu baru. Proses penerbitan kartu baru biasanya melibatkan verifikasi identitas.

6. Perhatikan Biaya atau Prosedur

Pastikan Anda memahami biaya atau prosedur penggantian yang mungkin berlaku. Beberapa bank atau penerbit kartu mungkin memberikan penggantian kartu secara gratis, sementara yang lain dapat mengenakan biaya.

7. Aktifkan Kartu Baru

Setelah menerima kartu baru, aktifkan kartu tersebut sesuai petunjuk yang diberikan oleh bank atau penerbit kartu.

Pastikan untuk segera mengambil tindakan dan tetap waspada terhadap aktivitas keuangan Anda agar dapat melindungi keamanan keuangan.

Itulah panduan mudah dari beberapa tips mudah untuk mengatasi kartu ATM tertelan hingga mendapatkan kartu ATM baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru