Digital Readiness Jadi Poin Baru SWP Award 2022

Jumat, 30 September 2022 | 16:52 WIB   Reporter: Tim KONTAN
Digital Readiness Jadi Poin Baru SWP Award 2022


KONTAN.CO.ID - Era digital menuntut banyak perubahan bagi perusahaan. Baik dari sisi bisnis perusahaan itu sendiri, maupun sisi pengembangan sumber daya manusia. Terlebih kondisi pandemi selama dua tahun ini, memaksa perusahaan bergerak lebih cepat secara digital supaya tetap menunjukkan performa sesuai dengan arah dan tujuannya.

Oleh karenanya, dalam Stellar Workplace (SWP) Award 2022 ini para juri juga menambahkan people digital readiness menjadi faktor baru dasar perhitungan. Jadi bukan hanya menghitung tingkat kepuasan dan komitmen pekerjanya, kesiapan setiap individu karyawan untuk bekerja secara digital juga menjadi poin penilaian.

Kartika Indrajaja, juri sekaligus Head of SWP Project Daya Analyst GML Performance Consulting menyebutkan ada dua faktor yang diukur dalam penilaian digital readiness ini. Pertama, digital kompetensi. Yakni, seberapa bagus kompetensi  digital karyawan yang dibutuhkan sehari-hari.

Kedua, digital ability yang diartikan sebagai seberapa tinggi motivasi untuk terus belajar  terkait perkembangan digital yang ada. “Kami melihat seberapa baik karyawan tersebut mengelola data, berbagai informasi yang ada, serta kemampuan berkoordinasi dan berkolaborasi. Bukan hanya diikuti, tapi perkembangan teknologi juga harus diaplikasikan,” jelas Kartika.

Sayangnya, dari hasil penilaian terlihat index people digital readiness ini masih rendah. Kondisi ini menunjukkan bahwa perusahaan harus meningkatkan digital competency para pegawai. “Gen Z dan gen Y memiliki tingkat digital competency yang tinggi dibanding gen X dan boomers,” kata Kartika.

Padahal justru gen X dan boomers ini yang memiliki tingkat engagement yang tinggi, sementara gen Z dan gen Y yang engagement rendah, justru akan menjadi key person dan change agent dalam perusahaan.

Stellar Workplace Award 2022, penghargaan bergengsi untuk perusahaan yang berkomitmen tinggi meningkatkan employee engagement ini kembali digelar di JS Luwansa Hotel, Jakarta, pada Kamis (29/9).  Sebanyak 6.171 employee dari 26 perusahaan yang berpartisipasi dalam ajang ini. Penilaian ajang ini mengukur pada tingkat kepuasan dan komitmen karyawan yang telah bergabung minimal lima tahun pada perusahaan bersangkutan.

Ada enam pemenang dalam penghargaan yang terdiri dari enam kategori.  Mereka adalah PT Nippon Indosari Corporindo Tbk, pemenang kategori  The Best Stellar Workplace Award For Large Employer , Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) pada kategori The Best Stellar  Workplace Award For Medium Employer dan PT VADS Indonesia untuk kategori The Best Stellar  Workplace Award For Small Employer.

Selanjutnya, untuk kategori The Best Stellar Workplace in Innovative Engagement Program in Hybrid Era, yaitu PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri). Lalu, kategori The Best Stellar Workplace in People Digital Readiness, PT FWD Insurance Indonesia tampil sebagai pemenang. PT Citilink Indonesia tampil sebagai pemenang kategori Stellar Workplace Recognition in Employee Commitment.

Stellar Workplace Award ini juga menyampaikan apresiasi tertinggi kepada para peserta  Stellar untuk menciptakan tempat kerja terbaik bagi karyawan. “Semoga kerja keras ini bisa mendukung para karyawan untuk lebih berinovasi dan berprestasi demi kemajuan perusahaan di tengah ketidakpastian,” ujar Budi Soetjipto, juri sekaligus Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina.

Selain perwakilan pemenang, hadir pula dalam perhelatan ini CEO dan Pendiri GML Performance Consulting, Suwardi Luis, Pemimpin Redaksi Kontan, Ardian Taufik Gesuri,  Komisaris SC GNIK Yunus Triyonggo, Human Capital & Compliance Director PT Bank Central Asia Tbk Lianawaty Suwono,  Managing Editor & Strategic Management GM Kontan Cipta Wahyana, serta Josef Bataona selaku juri yang sebelumnya merupakan HR Director Indofood Sukses Makmur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Indah Sulistyorini

Terbaru