Di Tengah Digitalisasi, Perencanaan Investasi bagi Milenial Terus Didorong

Sabtu, 28 Mei 2022 | 17:06 WIB   Reporter: Tendi Mahadi
Di Tengah Digitalisasi, Perencanaan Investasi bagi Milenial Terus Didorong

ILUSTRASI. Ilustrasi cover menaruh investasi. KONTAN/BAihaki/24/11/2016


INVESTASI - JAKARTA. Di era digital sekarang ini, informasi dapat kita didapatkan dengan mudah dan dengan jumlah  yang sangat banyak. Sehingga kemampuan literasi digital bagi masyarakat menjadi hal yang  wajib untuk dimiliki. Informasi yang beredar pun sangat beragam dan perihal investasi menjadi salah satu yang sering muncul.

Investasi menjadi kegiatan yang mulai digandrungi oleh generasi muda utamanya generasi  millennial. Terlebih saat dimana saat ini investasi dapat dilakukan melalui genggaman.  Namun hal ini perlu diimbangi dengan pengetahuan investor muda terhadap literasi keuangan serta pengelolaannya. 

“Dulu ketika kita masih kecil, membaca buku dan bercerita merupakan kegiatan yang  menyenangkan, ini juga menjadi saran hiburan bagi anak-anak," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dalam keterangannya, Sabtu (28/5).

"Tapi kini jaman sudah  berubah, literasi digital menjadi lebih umum. Dan hal ini menjadi kebaikan sekaligus tantangan dalam memperoleh informasi dan berkomunikasi,” lanjutnya.

Baca Juga: Maybank Indonesia Raih Penghargaan Best Retail Bank di Ajang Digital CX Awards

Sepaham dengan Bupati Banyuwangi, Septriana Tangkary, Direktur Informasi dan  Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Kemkominfo menyampaikan bahwa media digital  menjadi rujukan utama para investor. Media online menempati peringkat pertama diikuti oleh media sosial dengan selisih yang tipis. 

"Hal ini membuktikan bahwa telah terjadi perubahan  cara mencari dan mendapatkan informasi seiring dengan perkembangan teknologi,” katanya.

Lebih dari 70% sumber informasi utama para investor berasal dari media online dan  media sosial. Media sosial menjadi rujukan bagi investor yang berusia lebih muda dengan platform Instagram menempati peringkat pertama dibandingkan platform media sosial lain dengan persentase sebesar 80%.

Kegiatan bertajuk Creativetalks “Yuk, Rencanakan Investasi untuk Masa Depanmu” menghadirkan narasumber yaitu, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan  Maritim, Septriana Tangkary; Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas; Direktur  Surat Utang Negara, Kementerian Keuangan, Deni Ridwan dan Financial Planner Finansialku.com, Retty Nurlailatul. 

Baca Juga: DBS Treasures Private Client Membidik Generasi Muda High Net Worth Individual

Selaku financial planner, Retty Nurlailatul mengingatkan bahwa investasi bukanlah cara untuk membuat kita kaya, tetapi merupakan cara untuk mencapai tujuan finansial kita. Kendaraan yang kita pilih menentukan kapan kita sampai ke tujuan finansial kita. Dan kita membutuhkan perencanaan keuangan, yang merupakan peta menuju tujuan keuangan kita, agar tidak tersesat.

 “Investasi adalah ibarat kita menanam tumbuhan. Ketika kita menabur benih hari ini, kita tidak mungkin bisa memetik hasilnya langsung keesokan harinya. Kita perlu waktu dan proses untuk menumbuhkan dan menyuburkan tanaman tersebut tersebut hingga waktunya panen. Jika ada yang menawarkan investasi kepada kita dengan imbal hasil yang besar dan dalam waktu yang cepat, maka harus kita waspadai. Jangan sampai kita terjebak dalam investasi bodong,” tambahnya. 

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru