Ciri-ciri Link DANA Kaget Asli dan Palsu sebagai Modus Penipuan di Internet

Kamis, 27 Juni 2024 | 09:49 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ciri-ciri Link DANA Kaget Asli dan Palsu sebagai Modus Penipuan di Internet

ILUSTRASI. Ciri-ciri Link DANA Kaget Asli dan Palsu yang Perlu Diwaspadai Modus Penipuan. KONTAN/Baihaki/14/2/2024


E-WALLET - JAKARTA. Kenali ciri-ciri link Dana Kaget penipuan yang perlu diwaspadai. Pada era digital saat ini, link DANA kaget yang tersebar melalui pesan singkat atau media sosial semakin sering digunakan sebagai alat penipuan.

DANA Merupakan salah satu dompet digital yang mudah diakses oleh masyarakat Indonesia karena memiliki fitur seperti mobile banking. Banyak program resmi DANA yang menarik pengguna terkait dengan bonus hingga hadiah dalam konsep loyalitas pengguna.

Sayangnya, link penipuan yang mengatasnamakan DANA kian banyak. Orang mudah tergoda dengan hadiah besar atau uang tunai yang muncul melalui pesan yang tampak resmi atau berasal dari kontak yang dikenal.

Namun, link ini seringkali hanya menjadi pintu masuk bagi para penipu untuk mendapatkan informasi pribadi dan finansial korban.

Baca Juga: DANA Kaget, Penjelasan yang Harus Anda Ketahui Lengkap Cara Klaim dan Membagikan

Dengan tampilan yang mungkin menyerupai situs resmi atau menggunakan nama organisasi terkenal, link dana kaget palsu ini bertujuan untuk menipu dan merugikan para pengguna yang kurang waspada.

Ciri-ciri Link DANA Kaget Asli

Melansir dari akun resmi instagram DANA, ada 3 ciri-ciri link DANA Kaget asli yang dapat diakses pengguna melalui aplikasi.

  1. Format Link DANA Kaget yang asli memiliki format https://link.dana.id/...
  2. DANA Kaget yang asli hanya bisa dibuka lewat aplikasi
  3. DANA Kaget yang asli hanya bisa diklaim langsung di aplikasi dalam status akun sudah Log in.

DANA

Sebagai informasi tambahan Anda perlu mengenal beberapa modus penipuan di internet.

Jenis penipuan media sosial

Beberapa jenis penipuan yang menyebar lewat media sosial:

  • Phishing: Penipu mengirimkan email atau pesan teks yang terlihat berasal dari perusahaan atau institusi resmi, dengan link yang meminta Anda untuk memasukkan informasi pribadi Anda di situs web palsu.
  • Scam Lotere: Anda mendapatkan pemberitahuan bahwa Anda telah memenangkan lotere atau hadiah besar, tetapi Anda harus membayar biaya pengolahan atau pajak terlebih dahulu.
  • Skema Investasi: Penawaran investasi yang menjanjikan pengembalian yang sangat tinggi dengan risiko rendah, dan sering kali meminta informasi finansial.

Baca Juga: Dompet Digital DANA Tawarkan Promo Menarik pada Momen Nataru

Ciri-ciri link penipuan

Anda perlu mewasapdai ketika menemui beberapa ciri-ciri link penipuan baik DANA Kaget maupun link lainnya yang mengatasnamakan Perbankan.

1. Alamat URL yang Mencurigakan

Domain link DANA Kaget palsu tidak dikenal atau tidak berhubungan dengan perusahaan resmi. Penggunaan karakter aneh atau tambahan angka di dalam URL.Domain yang mirip tetapi bukan domain resmi (misalnya, go0gle.com bukannya google.com).

2. Permintaan Informasi Pribadi

Penipu dapat meminta informasi pribadi yang sensitif seperti nomor KTP, nomor rekening bank, atau kata sandi. Formulir online yang meminta detail yang seharusnya tidak diperlukan untuk klaim hadiah.

3. Penawaran yang Terlalu Bagus untuk Dipercaya

Janji-janji hadiah besar DANA Kaget yang tidak masuk akal tanpa alasan jelas. Mengklaim bahwa Anda memenangkan sesuatu tanpa Anda pernah berpartisipasi dalam kontes atau undian.

4. Desakan untuk Bertindak Cepat

Ada tekanan untuk segera mengklik link atau menyelesaikan klaim dalam waktu yang sangat singkat. Pemberitahuan yang mengancam bahwa jika Anda tidak bertindak segera, Anda akan kehilangan kesempatan.

5. Penggunaan Bahasa yang Buruk

Banyak kesalahan ejaan atau tata bahasa dalam pesan atau situs web. Bahasa yang tidak profesional atau terlihat seperti diterjemahkan secara otomatis dari bahasa lain.

6. Permintaan Pembayaran Awal

Selain itu ciri-ciri link DANA Kaget palsu bisa saja meminta biaya atau pembayaran awal sebelum Anda dapat menerima hadiah atau dana. Menyuruh Anda untuk mengirim uang sebagai syarat untuk klaim dana.

7. Koneksi Tidak Aman

Tidak menggunakan protokol keamanan HTTPS (http:// bukannya https://). Situs web tidak menampilkan tanda gembok di bilah alamat browser.

Link dikirim melalui pesan singkat, WhatsApp, atau media sosial yang tidak dikenal. Pesan dari akun yang tidak diverifikasi atau tidak memiliki reputasi yang baik.

Demikian informasi terkait ciri-ciri link penipuan DANA Kaget dan informasi terkait keaslian bagi pengguna.

Selanjutnya: Relaksasi Diperpanjang, Bank Mandiri Optimis Transaksi Kartu Kredit Tumbuh 23%

Menarik Dibaca: 5 Promo Gaswat 25-30 Juni 2024, Buy 1 Get 1 dan Cashback 100% di Hokben-Janji Jiwa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru