Batal liburan, begini cara manfaatkan dana liburan akhir tahun

Senin, 07 Desember 2020 | 07:00 WIB   Reporter: Harris Hadinata
Batal liburan, begini cara manfaatkan dana liburan akhir tahun


PERENCANA KEUANGAN - JAKARTA. Pandemi virus corona memang bikin banyak jadwal berantakan. Termasuk juga jadwal libur akhir tahun yang mungkin sudah disusun sejak awal tahun, atau bahkan tahun lalu.

Gara-gara kasus positif Covid-19 masih tinggi, pemerintah memutuskan mengurangi libur panjang di akhir tahun, yang semula menjadi pengganti libur lebaran. Pemerintah hanya menetapkan cuti bersama sehari sebelum natal dan sehari sebelum tahun baru.

Kalau Anda sudah terlanjur menyiapkan dana untuk jalan-jalan di libur akhir tahun ini, tidak perlu kecewa. Dana tersebut bisa dimanfaatkan untuk hal lain.  

Anda bisa menginvestasikan lagi dana liburan tersebut untuk liburan di masa depan. "Sehingga nanti bisa berlibur dengan lebih nyaman, lebih lama, atau bisa mengunjungi destinasi yang lebih jauh," cetus Krizia Maulana, Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI). 

Krizia menyarankan dana tersebut ditempatkan di produk investasi dengan risiko yang relatif rendah, namun memberi imbal hasil optimal dan mudah untuk dicairkan.
 
Jika Anda berencana berlibur dalam kurun waktu setahun ke depan, dengan asumsi pandemi Covid-19 sudah usai tentunya, Krizia menyarankan Anda memanfaatkan reksadana pasar uang. Walau risikonya rendah, reksadana pasar uang memberikan imbal hasil yang menarik dan mudah untuk dicairkan. 

Sebagai gambaran, imbal hasil reksa dana pasar uang Manulife Dana Kas II mencapai 5,33% dalam periode satu tahun terakhir (per akhir Oktober 2020).  
 
Namun, jika pandemi ini belum menunjukkan tanda-tanda usai di awal 2021 dan Anda tidak merasa tenang untuk berlibur tahun depan, Anda jadi memiliki waktu lebih lama untuk menyiapkan dana liburan. 

Krizia menyarankan investor memanfaatkan reksadana pendapatan tetap dengan underlying asset berupa obligasi dengan durasi pendek. "Volatilitasnya masih relatif rendah tetapi imbal hasilnya berpotensi lebih tinggi dibandingkan reksadana pasar uang," terang dia. 

Sebagai contoh, reksadana Manulife Pendapatan Bulanan II dan Manulife Syariah Sukuk Indonesia memberi imbal hasil sebesar 6,65% dan 7,20% dalam satu tahun terakhir (per akhir Oktober 2020). Reksadana Manulife Obligasi Unggulan bahkan memberi imbal hasil 10,89% di periode yang sama.  
 
Selain itu, dana liburan yang belum terpakai bisa dimanfaatkan untuk memperbesar porsi investasi Anda di pos dana darurat. "Berkaca dari kondisi ini, seharusnya kita belajar tentang betapa pentingnya memberikan rasa aman bagi diri sendiri lewat persiapan dana darurat," tutur Krizia. 
 
Anda juga bisa memanfaatkan dana liburan akhir tahun yang belum terpakai untuk self-reward atau memberikan penghargaan atas kerja keras Anda selama masa pandemi yang berat ini. Misalnya untuk belanja. "Tapi tetap kontrol pengeluaran," saran Krizia.

Pilihan lainnya, Anda bisa memanfaatkan dana liburan yang terhambat tersebut untuk berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Krizia menyebut, dana tersebut bisa disedekahkan untuk membantu sesama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Harris Hadinata

Terbaru