7 Langkah cerdas keluar dari jeratan utang dengan cepat

Senin, 12 Oktober 2020 | 05:00 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
7 Langkah cerdas keluar dari jeratan utang dengan cepat

ILUSTRASI. Ilustrasi kartu kredit. KONTAN/Muradi/2015/06/04

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Utang dapat menghancurkan impian finansial Anda. Itu sebabnya, segera lunasi utang yang Anda miliki. Yang perlu diingat, untuk melunasi utang, seseorang membutuhkan dedikasi, tekad dan ketekunan. 

Berikut beberapa cara cerdas melunasi utang dengan cepat seperti yang disarikan dari moneytalknnews.com.

1. Hentikan penggunaan kartu kredit

Moneytalknews menyarankan, jika Anda benar-benar ingin keluar dari jeratan utang, hentikan penggunaan kartu kredit. Semakin banyak Anda menggesek kartu kredit, semakin banyak pula utang yang Anda miliki. Bahkan jika Anda terus menggunakan kartu Anda, hindari mengandalkan fasilitas pengambilan uang tunai. Alasannya:

“Tidak seperti ketika Anda menarik uang tunai dari rekening bank Anda melalui kartu debit, penarikan tunai melalui kartu kredit umumnya membebani Anda biaya penarikan tunai yang tinggi serta tingkat bunga yang tinggi. Selain itu, biaya bunga mulai terkumpul dengan segera, biasanya sejak Anda mengambil pinjaman," demikian penjelasan Moneytalknews.

Baca Juga: Tips alihkan dana travelling untuk 4 kebutuhan finansial lebih krusial saat pandemi

2. Bayar utang sebanyak yang Anda mampu setiap bulan

Menyisihkan dana darurat harus menjadi prioritas utama. Tetapi begitu Anda mencapai tujuan ini, gunakan dana apa pun yang Anda miliki untuk membayar utang. Semakin banyak Anda membayar, semakin cepat Anda bebas dari kewajiban.

3. Memangkas pengeluaran Anda

Perhatikan baik-baik ke mana perginya uang Anda dan pisahkan kebutuhan dengan keinginan. Hindari kunjungan harian ke kedai kopi lokal atau tempat makan siang favorit Anda. Seiring waktu, penghematan ini dapat bertambah. Gunakan uang yang biasa Anda gunakan untuk hal-hal yang tidak perlu tadi untuk membayar utang.

Menurut Moneytalknews, jika Anda kesulitan mencari tahu pengeluaran mana yang dapat Anda potong, mulailah dengan menyusun anggaran. 

Baca Juga: ​Ingin miliki hunian? Ini tips cerdas membeli rumah lewat KPR

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru