5 Tips Perencanaan Keuangan bagi Pasangan Muda

Kamis, 19 Mei 2022 | 15:44 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
5 Tips Perencanaan Keuangan bagi Pasangan Muda

ILUSTRASI. Tips perencanaan keuangan bagi pasangan muda.


KONTAN.CO.ID - Perencanaan finansial rumahtangga yang tepat tentunya menjadi impian dari seluruh keluarga termasuk keluarga muda. Berikut ini tips perencanaan keuangan bagi pasangan muda.

Merancang strategi perencanaan finansial secara matang akan sangat membantu pasangan dalam memastikan pengeluaran rumahtangga terkontrol dan tentunya tidak melebihi angka dari penghasilan.  

Biaya-biaya yang muncul saat membangun rumahtangga seperti anggaran saat masa kehamilan dan melahirkan, dana pendidikan anak, anggaran untuk tempat tinggal, pembelian kendaraan, hingga dana investasi dan pensiun perlu menjadi perhatian bagi kedua pasangan.

Untuk itu, Co-Founder Lifepal, insurance marketplace, Benny Fajarai memberikan tips mengenai perencanaan keuangan bagi pasangan muda.

Baca Juga: Melangkah Bersama Rumah.com, Memberi Inspirasi bagi Pencari Rumah Memulai Langkah

Tips perencanaan keuangan bagi pasangan muda

Dirangkum dari keterangan resmi Lifepal, berikut adalah tips perencanaan keuangan bagi pasangan muda yang bisa diterapkan: 

1. Jalin komunikasi dengan pasangan dalam merancang perencanaan keuangan

Prioritas yang dimiliki oleh pasangan muda setelah menikah sudah tentu berbeda dengan prioritas saat sebelum menikah. Pengeluaran yang tadinya dikeluarkan untuk diri sendiri, kini berganti untuk keluarga. 

Sebagai pasangan yang baru menikah, penting untuk saling terbuka dan menjalin komunikasi secara baik mengenai semua jenis pengeluaran dan pendapatan finansial.

Anggaran untuk kebutuhan keluarga dapat diperhitungkan dengan matang apabila telah berhasil terjalin komunikasi antar pasangan yang baik.

Baca Juga: Bank Mengejar Tenggat Target Modal Minimal  

2. Prioritaskan anggaran untuk dana darurat yang disimpan dalam rekening bersama

Salah satu faktor yang menyebabkan kegagalan finansial dalam keluarga adalah perencanaan yang kurang tepat. Sering kali anggaran untuk tabungan ataupun investasi dipergunakan untuk alokasi lain kebutuhan yang terdesak. 

Untuk itu, persiapkan dana darurat. Idealnya, dana darurat dapat berjumlah 3-6 kali lipat dari total penghasilan bersama dalam kurun waktu satu bulan. 

3. Mulai biasakan investasi bersama

Mungkin ketika sebelum menikah, Anda dan pasangan telah melakukan berbagai investasi yang dilakukan sendiri-sendiri. Namun, apabila sudah menikah, kalian dapat mempertimbangkan untuk melakukan sebuah investasi secara bersama. 

Investasi yang telah digabung ini dapat bermanfaat untuk menambah dana tabungan pendidikan anak ataupun dana pensiun di hari kelak. 

Baca Juga: Sederet Bank Ini Siapkan Strategi untuk Kejar Modal Inti Rp 3 Triliun

4. Pentingnya untuk catat pengeluaran dalam catatan khusus 

Catatan khusus berisi semua pengeluaran akan membantu memastikan perencanaan keuangan secara terukur. Di mana semua transaksi telah disesuaikan dengan alokasi budget yang ada. 

Sehingga Anda dan pasangan nantinya dapat menghindari pengeluaran yang berlebih dibandingkan dengan nilai pemasukan. 

5. Persiapkan proteksi untuk keluarga

Mempersiapkan perencanaan finansial yang tepat bagi keluarga muda akan menjadi salah satu langkah dalam mencapai kebebasan finansial di masa depan. Konsisten menjadi kunci yang harus dipertahankan sembari menerapkan beberapa tips di atas. 

Khususnya untuk proteksi, pasangan muda jangan lupa untuk melindungi diri dan keluarga dari berbagai resiko yang dapat mengganggu stabilitas finansial. “Proteksi seperti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa dapat menjadi pilihan dasar dan prioritas awal untuk dimiliki," kata Benny.

Nah, itulah tips perencanaan keuangan bagi pasangan muda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru