Anggaran

4 Cara mengatur keuangan rumahtangga terbaik

Jumat, 30 Oktober 2020 | 11:54 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara mengatur keuangan rumahtangga terbaik

ILUSTRASI. Cara mengatur keuangan rumahtangga perlu diperhatikan agar kondisi finansial tetap aman.

KONTAN.CO.ID - Cara mengatur keuangan rumahtangga perlu selalu diperhatikan. Alasannya, agar semua kebutuhan, baik kebutuhan saat ini atau masa depan, bisa tercukupi.

Jika Anda tak mengatur keuangan keluarga dengan baik, kondisi finansial Anda bisa terganggu. Nah, berikut cara mengatur keuangan rumahtangga: 

Mencatat pengeluaran

Mengutip dari The Nest, cara mengatur keuangan rumahtangga adalah dengan mencatat pengeluaran rutin. Ada banyak cara yang bisa Anda coba agar pengeluaran apa pun tak terlewat.

Mulai dari mencatat setiap pengeluaran satu per satu hingga menyimpan tagihan setiap pembelian. Dari catatan tersebut, biaya yang Anda keluarkan untuk hiburan, asuransi, tagihan kartu kredit, dan pengeluaran lainnya bisa terlihat.

Baca Juga: Kaum milenial, begini tips dan cara mengatur keuangan di kala pandemi Covid-19

Membuat anggaran

Dari catatan yang telah dibuat di cara sebelumnya, Anda bisa mengetahui alokasi dana mana yang bisa dipangkas dan pengeluaran mana yang perlu ditambah. Anda perlu menganggarkan tiap pos pengeluran berdasarkan catatan dan kondisi keluarga Anda.

Melansir The Nest, sebaiknya Anda juga menganggarkan uang untuk dialokasikan sebagai tabungan dan investasi. Hal ini penting dilakukan agar masa depan keuangan keluarga Anda bisa aman.

Pangkas anggaran beberapa pos jika jumlah keseluruhan melebihi pemasukan Anda tiap bulan.

Namun, jika anggaran tiap pos sudah tak bisa diubah, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menambah pemasukan. Entah dengan memulai bisnis atau mencari pekerjaan tambahan lain.

Baca Juga: Begini cara hemat pengeluaran di tengah ancaman resesi ekonomi Indonesia

Editor: Belladina Biananda


Terbaru