10 Tips keuangan untuk membantu bertahan hidup dari Covid-19 di 2021

Selasa, 24 November 2020 | 09:48 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
10 Tips keuangan untuk membantu bertahan hidup dari Covid-19 di 2021

ILUSTRASI. 10 Langkah yang bisa dilakukan agar bisa melewati tahun 2020 yang sangat sulit, dan menjalani tahun 2021 yang menantang. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Pandemi Covid-19 telah berdampak negatif terhadap jutaan orang di seluruh dunia, baik secara fisik maupun mental. Tak hanya itu, dampak negatif juga dirasakan dari sisi finansial.

Hal ini dipicu oleh banyak hal, mulai berkurangnya jam kerja, hilangnya kesempatan kerja, hingga penutupan bisnis secara permanen. Kehancuran finansial sangat nyata bagi banyak orang.

Melansir jungfinancialservices.com, berikut adalah sepuluh langkah yang bisa dilakukan agar bisa melewati akhir tahun 2020 yang sangat sulit, dan apa menjalani tahun 2021 yang lebih menantang:

1. Buat anggaran yang realistis dan pertahankan

Ungkapan para orang tua ini patut diingat kembali: "jangan menghabiskan lebih dari yang Anda hasilkan". Pesan yang bisa diambil, periksalah "arus kas" pendapatan dan pengeluaran bulanan Anda.

Baca Juga: Warren Buffett: Beli emas dan bersiap akan kehancuran pasar saham

2. Siapkan dana darurat

Idealnya, simpan 10% dari penghasilan bersih Anda. Namun, dalam kondisi seperti sekarang ini, jumlah tersebut harus disesuaikan dengan anggaran yang memungkinkan. Bersiaplah untuk masa pandemi Covid-19 yang lebih panjang.

3. Carilah pekerjaan sampingan

Jika Anda merasa rentan secara finansial bahkan dengan gaji tetap, pertimbangkan untuk menambahkan pekerjaan paruh waktu atau kontrak jika memungkinkan.

Baca Juga: Inilah tips investasi saham di awal tahun 2021

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru