Tips Mengelola Uang Jelang Lebaran

Kamis, 14 April 2022 | 18:09 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Tips Mengelola Uang Jelang Lebaran

ILUSTRASI. CEO dan Co-Founder Ternak Uang Raymond Chin menjabarkan bisnis dengan modal Rp 1 juta


LITERASI UANG - Hari Lebaran adalah momen yang dinantikan oleh seluruh umat muslim di seluruh penjuru dunia setelah menunaikan ibadah puasa Ramadan selama sebulan penuh. Di hari yang penuh berkah ini, umat muslim merayakan kemenangan dan diharapkan bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi setelahnya.

Biasanya di hari Lebaran, sebagian besar umat muslim Indonesia akan melakukan tradisi pulang kampung halaman. Selain tradisi pulang kampung, saat Idul Fitri tradisi yang tak pernah terlewatkan adalah silaturahmi dengan keluarga dan tetangga sembari menyajikan aneka hidangan mulai dari kue kering hingga makanan besar seperti opor ayam, ketupat, rendang dan lain sebagainya.

Tanpa disadari, hal ini akan menyerap biaya yang terbilang cukup banyak. Agar dapat mengelola anggarannya dengan baik, mari simak beberapa tips praktis yang bisa anda gunakan untuk mengelola keuangan sebelum dan sesudah hari Lebaran.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Elektronik Dapur yang Praktis untuk Siapkan Sahur, Apa Saja?

1. Tentukan anggaran hari Lebaran

Silakan anda rinci, apa saja sih kebutuhan hari Lebaran? Misalnya bujet pulang kampung itu meliputi tiket pulang-pergi, biaya membeli bahan baku untuk menu Lebaran, membeli baju anak, menyisihkan angpau untuk keluarga, dan lain sebagainya. Semakin detail, semakin baik.

Anggaran ini akan membantu anda supaya tidak over budget, atau bikin keuanganmu menipis sehabis Idul Fitri.

2. Wajib pisahkan THR dan gaji

Salah satu hal yang paling membahagiakan saat bulan puasa Ramadan adalah menerima THR. Pastikan anda tidak terlalu kalap saat melihat nominal di rekening bank membuncit karena masuknya dua sumber dana keuangan.

Baca Juga: Pahami 5 Manfaat Detox pada Wajah yang Harus Anda Tahu

Untuk gaji, anda tetap harus alokasikan ke kebutuhan bulanan dan pengeluaran rutin setiap bulan. Nah, THR inilah yang akan digunakan untuk keperluan menjelang hari raya Idul Fitri.

3. Persiapkan dana darurat

Memang sih hari Lebaran itu hanya singkat, tapi bukan berarti dana darurat tidak perlu disiapkan. Anda harus tetap menyediakan dana darurat dalam bentuk cash untuk menghindari terjadinya sesuatu yang tidak terduga saat Idul Fitri.

4. Berbelanja sesuai kebutuhan

Momen Idul Fitri sering kali menjadi momen ‘kalap’ belanja bagi sebagian orang. Mereka berpikir, karena ini hanya akan terjadi setahun sekali, jadi tak masalah membeli semua barang walaupun tidak terlalu penting.

Baca Juga: Promo Tokopedia Sahur Kilat, Beli Pulsa dan Voucher Game Diskon Rp 15.000

Cara terbaik untuk menghindarinya adalah cek kembali anggaran yang sudah kamu susun, apakah kebutuhan yang dicatat itu memang dibutuhkan atau masih bisa dikesampingkan.

5. Belajar keuangan

Mengapa harus belajar keuangan?

Jadi begini, mumpung nih ya masih suasana sebelum Lebaran, tidak ada salahnya anda belajar keuangan supaya menghindari pengelolaan keuangan yang salah. Misalnya over budget dan tidak membuat anda kesulitan setelah hari Lebaran. Nah, untuk bisa mengatur keuangan dengan baik kamu perlu ilmu tentunya.

Anda bisa mendapatkan ilmu belajar keuangan di Ternak Uang Academy. Di sini anda akan diajari mengatur keuangan dari nol hingga bisa dengan bantuan profesional.

Perjalanan mengatur keuangan ini akan berlanjut ketika selesai hari Lebaran. Nah, agar keuangan anda tetap aman, berikut tips yang bisa kamu lakukan.

Baca Juga: Tidak Sulit! 3 Cara Membuat Masker Rambut Alami Sendiri di Rumah

4 Tips Agar Keuangan Aman Setelah Hari Lebaran

1. Kembali ingat hakikat Ramadan dan Lebaran

Bulan Ramadan yang ditandai dengan puasa, diakhiri dengan Lebaran merupakan momentum bagi umat Islam agar bisa merefleksikan diri, berbagi kebaikan dengan sesama, dan tak kalah penting adalah mengasah empati.

Sayangnya hakikat Ramadan dan Lebaran sering kali ditandai dengan perilaku konsumtif, bahkan masa pandemi ini pun tidak menyurutkan hal ini. Oleh karena itu, yuk kita pahami lagi apa sebenarnya hakikat Ramadan dan Lebaran.

Baca Juga: Promo Indodana di Tokopedia April 2022, Belanja Perlengkapan Rumah Diskon Rp750.000

2. Batasi pengeluaran

Caranya seperti apa? Disiplin mengatur pengeluaran agar tidak melebihi pendapatan. Lebih selektif dalam mengelola pengeluaran sebagai bentuk kompensasi atas pelonggaran yang anda lakukan selama bulan puasa Ramadan dan Lebaran.

3. Lunasi utang

Apabila saat hari Lebaran anda menggunakan kartu kredit untuk pembayaran, maka di bulan berikutnya sebaiknya lunasi tagihan utang kartu kredit tersebut. Jika ada utang lain lagi, maka sebaiknya dibuat perincian seberapa banyak dana yang harus disisihkan untuk membayarnya per bulan. Lakukan dengan konsisten agar bisa membantu a anda mulihkan kondisi keuangan setelah Idul Fitri.

Baca Juga: 4 Minuman Popular Khas Thailand yang Wajib Dicoba

4. Kembali menabung

Selesai hari Lebaran lakukan pembenahan termasuk di pos tabungan. Mulai batasi pengeluaran dan kembali sisihkan sebagian dana untuk pos tabungan yang sudah terpakai selama Lebaran.

Dan sekali lagi perlu diingat bahwa uang untuk tabungan sebaiknya sisihkan di awal, bukan menunggu apabila ada  sisa pengeluaran.

Semoga kita semua bisa memaknai hari Lebaran sebagai momen untuk menjadi umat muslim yang lebih baik lagi. Terlebih bisa mengurangi perilaku konsumtif hanya untuk sekedar pamer dan membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

Baca Juga: Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Saat Ngabuburit

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Jane Aprilyani

Terbaru