Dompet

Simak lima alasan kenapa penting mengatur keuangan Anda

Rabu, 11 Maret 2020 | 10:24 WIB   Reporter: Benedicta Prima
Simak lima alasan kenapa penting mengatur keuangan Anda

ILUSTRASI. Ilustrasi foto Reksadana. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/15/09/2019

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tingginya kebutuhan untuk memenuhi konsumsi rumah tangga menuntut kita memiliki perencanaan keuangan pribadi yang lebih pintar untuk menstabilkan pengeluaran dan pemasukan.

Menurut riset yang dilakukan Bank DBS di tahun 2019, total belanja masyarakat Indonesia mencapai US$ 600 miliar atau sekitar Rp 8.400 triliun di periode 2018, mengungguli negara tetangga di kawasan ASEAN, yakni Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Filipina.

Sayangnya, masih sedikit masyarakat Indonesia yang belum menyadari pentingnya merencanakan keuangan sesuai kebutuhan. Padahal, perencanaan keuangan menciptakan proses berkelanjutan yang akan mengurangi stres finansial, mendukung kebutuhan saat ini, dan mempersiapkan masa pensiun. 

Baca Juga: Ada bunga deposito 6,5%, bunga deposito Mandiri 6%, BCA 4,3%, BRI 5,8%, BNI 5,8%

OY! Indonesia, aplikasi pintar untuk solusi finansial, menyebutkan setidaknya ada lima alasan mengapa kita perlu memiliki perencanaan keuangan pribadi:

1. Meningkatkan cash flow

Perencanaan keuangan membantu kita dalam meningkatkan cash flow dengan memantau pola dan sifat pengeluaran. Kita perlu memonitor keuangan yang mencakup penganggaran yang cermat dan pengeluaran yang bijaksana. Hal ini bisa membantu menjaga lebih banyak uang yang disimpan.

2. Membantu mengidentifikasi kesalahan

Tidak hanya pengeluaran tetapi perencanaan keuangan keseluruhan membuat kita menyadari kesalahan penggunaan dana yang selama ini dilakukan sehingga dapat diperbaiki. 

Editor: Herlina Kartika Dewi


Terbaru