Porsi Tabungan dan Belanja Turun, Porsi Pendapatan Masyarakat Untuk Bayar Utang Naik

Sabtu, 09 Desember 2023 | 13:28 WIB   Reporter: Bidara Pink
Porsi Tabungan dan Belanja Turun, Porsi Pendapatan Masyarakat Untuk Bayar Utang Naik

ILUSTRASI. Porsi pendapatan masyarakat yang dibelanjakan pada November 2023 terpantau menurun.


SURVEI BI - JAKARTA. Porsi pendapatan masyarakat yang dibelanjakan pada November 2023 terpantau menurun bila dibandingkan dengan bulan Oktober 2023. 

Hasil Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) yang terbit Jumat (8/12) menunjukkan, rata-rata proporsi pendapatan konsumen untuk konsumsi atau average propensity to consume ratio November 2023 sebesar 75,3%. Rasio tersebut turun tipis, bila dibandingkan dengan rasio pada bulan Oktober 2023 yang sebesar 75,6%. 

Rata-rata porsi konsumsi terhadap pendapatan terpantau menurun untuk semua tingkat pengeluaran, kecuali responden dengan pengeluaran di atas Rp 5 juta per bulan. 

Baca Juga: Penghasilan Merosot, Konsumen Rem Belanja

Survei tersebut juga menunjukkan, rata-rata porsi pendapatan masyarakat yang digunakan untuk membayar utang atau cicilan pun meningkat. Ini tercermin dari debt to income ratio yang sebesar 9,3%, atau naik dari 8,8% pada bulan Oktober 2023. 

Sedangkan pendapatan masyarakat yang ditabung terpantau menurun. Terlihat dari saving to income ratio yang sebesar 15,4% atau turun tipis dari 15,7% pada bulan sebelumnya. 

Porsi tabungan terhadap pendapatan terindikasi menurun pada beberapa kelompok pengeluaran masyarakat, dengan penurunan terdalam pada kelompok pengeluaran di atas Rp 5 juta per bulan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru