Perlu Cermat Berinvestasi Crowdfunding Properti, Cuannya Jangka Panjang

Minggu, 02 Januari 2022 | 08:19 WIB   Reporter: Francisca Bertha Vistika
Perlu Cermat Berinvestasi Crowdfunding Properti, Cuannya Jangka Panjang

ILUSTRASI. Crowdfunding properti cocok untuk kebutuhan jangka panjang, pasalnya imbal hasil yang ditawarkan baru terlihat hasilnya dalam kurun waktu yang cukup lama. KONTAN/Muradi)


KONTAN.CO.ID - Memanfaatkan aplikasi crwodfunding khususnya di sektor properti sah-sah saja. Apalagi properti saat ini sedang naik daun lantaran insentif yang banyak diberikan pemerintah. 

Akan tetapi, jangan sembarangan menginvestaskkannya.

Agustina Fitria, perencana keuangan Oneshildt mengatakan investor harus memastikan bahwa uang yang diinvestasikan adalah uang yang bukan untuk tujuan keuangan jangka pendek, karena investasi seperti ini tidak selikuid saham yang diperdagangkan di bursa.

Baca Juga: Stimulus Mulai Berkurang, Harga Emas Turun di Tahun 2021

Selain itu jangan mudah tergiur dengan imbal hasil, tetapi harus siap menanggung risiko dari bisnis properti. Misalnya saja properti yang didanai tidak produktif lagi karena pandemi.

Makanya, meskipun investasi ini mudah dilakukan karena hanya melalui aplikasi, investor tetap harus mempelajari properti yang dibiayai.

Untuk itu, "Harus memilih properti yang menguntungkan. Misalnya di mana lokasinya? Apakah sesuai target market dari properti tersebut," ujar Fitria. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Francisca bertha

Terbaru