Mengenal Asuransi Pengangkutan, Apa Saja Manfaatnya?

Selasa, 15 Agustus 2023 | 17:36 WIB   Reporter: Tendi Mahadi
Mengenal Asuransi Pengangkutan, Apa Saja Manfaatnya?

ILUSTRASI. Aktifitas bongkar muat peti kemas di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (6/6/2023). KONTAN/Fransiskus Simbolon


ASURANSI - JAKARTA. Asuransi pengangkutan memiliki sejumlah manfaat yang sangat penting, terutama jika terlibat dalam bisnis pengiriman barang atau perdagangan internasional. Dalam lingkup bisnis atau perdagangan, risiko akan selalu ada dan dapat terjadi pada waktu yang tidak terduga. 

Oleh karena itu, memiliki asuransi pengangkutan menjadi investasi yang bijaksana untuk melindungi bisnis Anda dan memastikan kelancaran proses pengangkutan barang dari satu tempat ke tempat lainnya.

Cakupan asuransi pengangkutan dapat bervariasi tergantung pada kebijakan dan persyaratan yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi. 

Beberapa risiko yang biasanya dicakup oleh asuransi pengangkutan meliputi kerusakan fisik dengan mengganti atau memperbaiki kerusakan fisik pada kargo akibat kecelakaan atau kejadian tak terduga lainnya selama pengangkutan.

Baca Juga: El Nino Diprediksi Berdampak Signifikan pada Industri Asuransi Pertanian

Selain itu risiko kehilangan dengan menanggung biaya penggantian atau kompensasi atas kargo yang hilang selama proses pengangkutan. Lalu risiko pencurian dengan memberikan perlindungan jika kargo dicuri atau hilang karena tindakan kriminal selama perjalanan.

Berikutnya risiko kehancuran atau bencana alam dengan menanggung kerusakan atau kehilangan kargo akibat bencana alam seperti badai, gempa bumi, atau banjir.

Ada pula risiko general average yaitu situasi di mana seluruh pihak yang terlibat dalam pengiriman harus berbagi kerugian apabila kargo diselamatkan dari bahaya tertentu selama perjalanan.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa memiliki asuransi pengangkutan itu penting. Di antaranya perlindungan terhadap risiko kerugian asuransi pengangkutan memberikan perlindungan finansial terhadap kerugian atau kerusakan yang mungkin terjadi pada kargo selama proses pengangkutan. 

Selain itu itu juga menjamin keamanan bisnis. Dalam bisnis, risiko selalu ada. Asuransi pengangkutan membantu melindungi keberlangsungan bisnis dengan mengurangi risiko finansial yang mungkin timbul dari kerusakan atau kehilangan kargo.

Asuransi pengangkutan juga bisa membantu memenuhi persyaratan kontrak. Beberapa kontrak perdagangan internasional mungkin meminta pihak yang terlibat untuk memiliki asuransi pengangkutan. Dengan memiliki asuransi yang sesuai, customer dapat memenuhi persyaratan ini dan menjaga hubungan bisnis yang baik dengan mitra perdagangan.

Di sisi lain juga mengurangi stres dan kekhawatiran. Dengan memiliki asuransi, Anda dapat merasa lebih tenang dan percaya diri selama proses pengangkutan. Jika terjadi masalah, Anda tahu bahwa asuransi akan memberikan perlindungan dan membantu menanggulangi situasi tersebut.

Selain itu berlaku di seluruh rute pengiriman. Asuransi pengangkutan biasanya mencakup seluruh rute pengiriman dari titik asal hingga tujuan akhir. Hal ini memberikan jaminan bahwa kargo dilindungi selama perjalanan.

Asuransi pengangkutan juga mengatasi risiko transportasi. Moda transportasi seperti kapal, pesawat, truk, atau kereta api, memiliki risiko unik yang terkait dengan masing-masing. Asuransi pengangkutan dirancang untuk mengatasi risiko-risiko ini sesuai dengan moda transportasi yang digunakan.

Baca Juga: Ini Perusahaan Jepang yang Tertarik Beli Aset Tokio Marine di Asia Tenggara

Selain itu dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Asuransi pengangkutan dapat disesuaikan dengan jenis barang yang Anda angkut, nilai kargo, rute pengiriman, dan kebutuhan spesifik lainnya.

Di sisi lain juga meningkatkan kepercayaan pelanggan. Memiliki asuransi pengangkutan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap layanan nasabah. Pelanggan merasa lebih aman dan nyaman menitipkan barang mereka kepada perusahaan yang memiliki perlindungan asuransi.

"Melihat tingginya mobilitas pengiriman barang di era digital ini, Tob Insurance menyediakan pelayanan dan perlindungan berupa Asuransi Pengangkutan untuk melindungi pengiriman barang Anda dari hal-hal yang tidak terduga," tulis manajemen Tob Insurance dalam keterangannya, Selasa (15/8).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru