Jangan Berlebihan, Ini Tips Mengatur Keuangan saat Lebaran Biar Tidak Boros

Jumat, 14 April 2023 | 07:51 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Jangan Berlebihan, Ini Tips Mengatur Keuangan saat Lebaran Biar Tidak Boros

ILUSTRASI. Jangan Berlebihan, Ini Tips Mengatur Keuangan saat Lebaran Biar Tidak Boros. (Dok/food storage moms)


TIPS & TRIK -  Ketika menjelang Hari Raya Idul Fitri tiba, kebanyakan masyarakat akan mempersiapkan berbagai hal, mulai dari pakaian hingga makanan.

Tidak heran di saat menjelang Lebaran masyarakat berbondong-bondong datang ke pasar, supermarket hingga mal untuk berbelanja kebutuhan. 

Belanja Lebaran jika tidak dikelola dengan bijak dengan menahan diri untuk banyak berbelanja bisa menyebabkan pengeluaran jadi berlebihan bahkan bisa menguras isi kantong.

Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM) Akhmad Akbar Susamto, menyampaikan bahwa setiap orang dapat berhemat dengan mengelola keuangan dengan bijak.

Baca Juga: Cara Menukar Uang Baru di Kas Keliling BI dan Maksimal Penukarannya

Selain itu, tidak dihabiskan uang sepenuhnya untuk kebutuhan Lebaran dengan membuat perencanaan anggaran dengan kebutuhan skala prioritas. 

“Mulailah dengan membuat anggaran dan prioritas untuk pengeluaran Idul Fitri termasuk zakat, sedekah, hadiah, pakaian, makanan dan aktivitas lainnya. Ini akan membantu menghindari pengeluaran berlebihan dan menjaga keuangan tetap terkendali,” kata Akbar, dikutip dari situs UGM.

Tips mengatur keuangan saat Lebaran Idul Fitri

Akbar menyarankan sebaiknya masyarakat melakukan belanja Lebaran lebih awal karena dengan berbelanja lebih awal sebelum mendekati hari H Lebaran.

Hal ini justru dapat menghindarkan dari sikap ketergesa-gesaan dengan tawaran harga barang kebutuhan yang lebih tinggi. 

“Bandingkan harganya, cari obral dan diskon jika memungkinkan,”jelasnya.

Selain itu, saat belanja Lebaran sebaiknya difokuskan pada hal-hal fungsional saja. Sementara itu, untuk kebutuhan lain yang bersifat tidak fungsional sebaiknya dihindari.

Apabila memiliki kelebihan uang, ia menyarankan untuk digunakan membantu masyarakat yang membutuhkan atau bersedekah. 

Baca Juga: UPDATE Daftar Tarif Jalan Tol Trans Jawa, Berlaku Saat Libur Lebaran 2023

Tidak sedikit di sekitar lingkungan tempat tinggal kita pendapatannya menurun karena dampak pandemi atau menjadi korban PHK. 

“Jika ada kelebihan uang sangat disarankan untuk membantu yang kesusahan,” tuturnya.

Namun, yang tidak kalah lebih penting dalam kondisi sekarang ini alangkah baiknya kita lebih menjaga dan mengedepankan kesederhanaan dan fokus pada semangat Idul Fitri yang sebenarnya, yaitu silaturahmi, serta menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman untuk saling maaf memaafkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru