Ini 7 Cara Mengatasi Gagal Login BRImo yang Wajib Dipahami Nasabah

Rabu, 08 November 2023 | 14:02 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 7 Cara Mengatasi Gagal Login BRImo yang Wajib Dipahami Nasabah


BRI - JAKARTA. Nasabah Bank Rakyat Indonesia tentu mengenal salah satu layanan BRImo. Layanan perbankan dari ponsel ini memudahkan nasabah dan pengguna untuk bertransaksi secara online dan real-time.

BRImo merupakan aplikasi perbankan yang dikembangkan BRI dengan berbagai fitur transaksi keuangan antar bank hingga pembayaran tagihan.

Aplikasi BRImo yang aktif memiliki fitur penyimpanan data nasabah seperti username dan password untuk bertransaksi dengan aman.

Sayangnya, aplikasi tentu memiliki kekurangan yang tentu dihadapi oleh nasabah saat ingin menggunakan BRImo.

Baca Juga: Fitur Transfer Internasional BRImo, Inovasi Perbankan Digital Terbaru dari BRI

Salah satu kendala yang bisa saja terjadi adalah gagal login ke aplikasi Brimo yang disebabkan oleh beberapa faktor.

Penyebab tidak bisa login BRImo

BRImo

Berikut adalah beberapa alasan umum mengapa Anda mungkin mengalami masalah saat mencoba login ke Brimo:

  • Masalah Jaringan: Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil saat mencoba login. Jika koneksi internet bermasalah, Anda mungkin tidak dapat mengakses server Brimo.
  • Kesalahan Nama Pengguna atau Kata Sandi: Pastikan Anda memasukkan nama pengguna (username) dan kata sandi dengan benar. Kesalahan pengetikan atau lupa kata sandi adalah penyebab umum kegagalan login.
  • Akun Terblokir: Jika Anda telah mencoba login berkali-kali dengan kesalahan, akun Anda mungkin terblokir. Anda perlu menghubungi layanan dukungan Brimo atau mengikuti prosedur pemulihan akun dengan email aktif terdaftar.
  • Aplikasi Tidak Diperbarui: Pastikan Anda telah memperbarui aplikasi Brimo ke versi terbaru. Aplikasi yang sudah usang mungkin mengalami masalah kompatibilitas.
  • Masalah Server Brimo: Terkadang, gangguan server atau pemeliharaan pada server Brimo dapat menyebabkan masalah login. Anda dapat mencoba lagi setelah beberapa saat.
  • Masalah Perangkat: Beberapa masalah pada perangkat Anda, seperti kurangnya ruang penyimpanan, pengaturan tanggal dan waktu yang salah, atau masalah perangkat keras, dapat mempengaruhi kemampuan aplikasi Brimo untuk berjalan dengan baik.

Jika Anda mengalami masalah login Brimo, langkah pertama adalah memastikan bahwa memiliki koneksi internet yang baik dan memeriksa kembali nama pengguna dan kata sandi Anda.

Cara mengatasi tidak bisa login BRImo

Ada beberapa cara mengatasi gagal login BRImo yang bisa diterapkan oleh nasabah dirangkum dari akun Twitter @BANKBRI_ID.

Baca Juga: 3 Cara Bayar Kode BRIVA ke DANA, ShopeePay, dan GoPay

1. Pastikan login dengan benar

Saat nasabah mendapatkan notifikasi bahwa gagal masuk ke akun BRImo beberapa kali, Anda perlu mereset password dengan bantuan email atau SMS.

Nantinya, Anda akan mendapatkan SMS notifikasi berupa link yang berguna untuk mereset password BRImo.

Sebagai catatan, Anda perlu menyiapkan pulsa minimal Rp1.000 untuk menerima notifikasi tersebut.

2. Pastikan tidak login di Internet Banking BRI lainnya

Sebelum masuk ke akun BRImo, nasabah perlu memastikan bahwa akun BRI miliknya tidak masuk ke layanan Internet Banking BRI di alamat http://id.bri.co.id.

Nasabah tidak diperbolehkan menggunakan akun BRI di dua layanan atau perangkat yang berbeda secara bersamaan.

3. Update Aplikasi BRImo

Pengguna perlu memeriksa apakah ada pembaruan atau update yang tersedia untuk aplikasi BRImo. Bank BRI secara rutin melakukan pembaruan pada aplikasi BRImo guna memberikan fitur terbaru kepada nasabah dan meningkatkan tingkat keamanan.

Nasabah disarankan untuk memeriksa toko aplikasi, baik itu Google Play Store atau AppStore, guna memastikan bahwa mereka menggunakan versi terbaru dari aplikasi BRImo.

4. Hapus cache aplikasi

Salah satu kendala yang dapat menghambat nasabah untuk mengakses akun BRImo adalah adanya penumpukan data dan cache di perangkat ponsel mereka.

Nasabah dapat mengatasi masalah ini dengan menghapus data aplikasi BRImo melalui pengaturan, sehingga aplikasi dapat berjalan lebih lancar.

Anda juga dapat menghapus cache dan data aplikasi Brimo khusus untuk perangkat Android.

5. Periksa Koneksi Internet

Apabila nasabah mengalami kesulitan masuk ke akun BRImo, maka perlu dipertimbangkan bahwa masalah tersebut mungkin disebabkan oleh kualitas jaringan internet yang digunakan.

Oleh sebab itu, disarankan untuk mencoba mengganti koneksi internet pada ponsel dengan jaringan yang lebih stabil. Sebagai contoh, nasabah dapat mencoba mematikan sementara fitur Wi-Fi dan beralih ke menggunakan data seluler.

Selain itu, Anda juga perlu memiliki koneksi yang bersifat privat dan bukan WiFi untuk umum untuk menghindari peretasan akun perbankan.

6. Restart Ponsel

Gagal masuk ke akun BRImo bisa berasal dari berbagai masalah perangkat ponsel, mulai dari kehabisan kapasitas memori hingga suhu ponsel yang berlebihan. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya nasabah mencoba untuk merestart atau memulai ulang perangkat ponsel yang digunakan.

Sebelum melakukan restart, pastikan bahwa semua aplikasi pada ponsel telah ditutup untuk mencegah terjadinya masalah perangkat lunak.

7. Hubungi layanan BRI

Anda bisa menghubungi layanan dukungan pelanggan Brimo jika masalahnya berlanjut. Pihak BRI mengingatkan bahwa cek kembali layanan tersebut sudah memiliki tanda centang yang berarti akun resmi di media sosial BRI.

Semua akun resmi media sosial BRI ter-Verified dan Channel Private resmi BRI melalui WhatsApp dengan nomor 08121214017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru