Ingin sukses berbisnis? Intip 5 rahasia Jack Ma dalam berbisnis yang bisa dicontek

Selasa, 01 Desember 2020 | 07:54 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ingin sukses berbisnis? Intip 5 rahasia Jack Ma dalam berbisnis yang bisa dicontek

ILUSTRASI. Ingin sukses berbisnis? Intip 5 rahasia Jack Ma dalam berbisnis yang bisa dicontek. REUTERS/Aly Song/File Photo


JACK MA -  Setiap pebisnis pasti ingin bisnis yang digeluti sukses. Sebagian dari Anda mungkin juga mencari beberapa tips sukses dalam berbisnis dari pakar-pakar.

Anda bisa mencoba mencontek cara berbisnis dari pendiri Alibaba, Jack Ma. Ma merupakan pengusaha yang mulai semuanya dari nol hingga sesukses sekarang.

Dalam perjalanannya merintis Alibaba, ada beragam rintangan yang Jack Ma alami. Namun dia menolak untuk menyerah dan terus berusaha.

Kisah perjalanan hidup Jack Ma menjadi inspirasi banyak orang di dunia.

Banyak pengusaha terutama pengusaha muda yang terinspirasi oleh Jack Ma. Tips sukses Jack Ma dalam berbisnis, banyak ditiru oleh pengusaha.

Simak rahasia sukses Jack Ma dalam berbisnis yang dihimpun dari South China Morning Post dan Inc.

  • Berani bermimpi besar

Untuk mendapatkan kesuksesan yang besar, Anda perlu bermimpi besar juga.  Jack Ma, dengan keterbatasan pengetahuan tentang komputer, mampu mendirikan Alibaba. 

Ma, saat itu berkeinginan untuk menjadi nomor 1 di Dunia dalam bisnis yang ia geluti. 

Tentunya mimpi tersebut harus dibarengi dengan usaha untuk merealisasikannya. Jack Ma mau bersusah payah belajar berbagai hal untuk memulai Alibaba. 

Setelah berhasil mendirikan Alibaba, Jack Ma tetap mau belajar. Bagi Ma, belajar bisa membantu mengembangkan diri dan bisnis Anda.

Baca Juga: Warren Buffett bocorkan tips agar anak pintar mengelola keuangan

  • Fokus pada pelanggan

Tips serta rahasia Jack Ma sukses dalam bisnis adalah fokus. Jack Ma selalu fokus pada apa yang dibutuhkan oleh pelanggannya. 

Bagi Ma, kepuasan pelanggan merupakan investasi jangka panjang yang menjanjikan. 

Tidak peduli apa yang dibuat oleh kompetitor Anda, yang harus menjadi fokus utama adalah kebutuhan pelanggan.

Lihat apa yang diinginkan pelanggan, lalu kembangkan hal tersebut menjadi bisnis. Jack Ma selalu berkata "tidak tahu" tentang kompetitornya. 

Bagi Ma, fokus pada kompetitor tidak akan menghasilkan hal yang berguna. Fokus pada kepuasan pelanggan dan bisnis Anda akan berkembang dengan sendirinya. 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru