Manajemen Utang

Ingin melunasi utang KTA yang terus mencekik keuangan Anda, lakukan cara berikut ini

Sabtu, 09 Mei 2020 | 12:14 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Ingin melunasi utang KTA yang terus mencekik keuangan Anda, lakukan cara berikut ini

ILUSTRASI. Ilustrasi Bebas Utang

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Melunasi utang Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang mulai menumpuk dan mencekik keuangan Anda, bukan jadi hal yang mustahil. Anda hanya perlu melakukan beberapa cara berikut untuk terlepas dari jeratan utang KTA. 

Kredit Tanpa Agunan (KTA) jadi salah satu jenis utang yang digemari oleh sebagian masyarakat. Tidak heran, KTA tidak mensyaratkan agunan atau jaminan. Selain itu, proses pengajuan utang KTA mudah dan cepat. 

Cukup banyak orang yang memanfaatkan dana KTA untuk menutupi utang kartu kredit, liburan, shopping, dan mengembangkan usaha. 

Proses yang mudah dan cepatnya pencairan dana membuat orang jadi terbuai. Tidak sedikit orang yang mengajukan KTA ke beberapa lembaga keuangan. 
Efeknya, mereka harus menanggung cicilan utang KTA lebih dari satu. Hal inilah yang membuat sebagian orang mulai kesulitan membayar cicilan utang KTA. 

Bila gagal bayar mereka bisa dikenakan pinalti alias denda keterlambatan pembayaran. Tidak hanya itu, Anda akan terus dihubungi oleh pihak pemberi utang untuk segera melakukan pembayaran.  

Mike Rini Sutikno, Financial Planner Mitra Keluarga Edukasi mengatakan utang KTA yang mulai menumpuk harus segera dibereskan. 

"Bukan mustahil untuk melunasi seluruh utang tersebut tapi Anda harus mau bersabar dan berkorban," katanya. 

Bila saat ini Anda memiliki utang KTA lebih dari satu, simak cara melunasi utang KTA dari para ahli perencana keuangan berikut ini.   

1. Stop utang 

Untuk melunasi seluruh utang KTA Anda sebaiknya jangan menciptakan utang baru. "Jangan berutang untuk membayar utang, itu hanya akan menjadi masalah baru," kata Mike. 

Anda sebaiknya menahan diri untuk tidak lagi berutang sampai seluruh utang terlunasi. 

2. Review utang 

Sekarang Anda ambil bolpoint dan buku catatan. Anda catat seluruh utang KTA yang harus dibayar dan dilunasi. 

Anda sebaiknya mencatat tanggal jatuh tempo, nilai cicilan, dan nilai utang yang tersisa. Data tersebut akan membantu Anda mengetahui total cicilan yang harus dibayarkan per bulan sekaligus nilai utang seluruhnya. 

3. Alihkan biaya hiburan untuk bayar utang 

Bila Anda tidak ingin membayarnya sekaligus alias ingin mencicil, sebaiknya buat anggaran cicilan utang. 

Mike menyarankan Anda memotong anggaran entertaiment untuk membayar cicilan utang. Hal tersebut akan menghindarkan Anda dari gagal bayar. 

4. Jual aset berharga 

Bila Anda ingin melunasi seluruh utang KTA, Anda mulai mendata jumlah aset berharga yang bisa dijual atau dicairkan. 

Ambil contoh, Anda memiliki perhiasan emas. Anda jual perhiasan tersebut untuk membayar utang KTA yang nilainya sesuai dengan nilai penjualan perhiasan itu. 

Anda juga boleh loh menjual salah satu handphone untuk melunasi utang-utang KTA yang jumlahnya kecil. 

5. Cari pendapatan tambahan 

"Anda sebaiknya mencari tambahan penghasilan bila gaji dan aset tidak cukup melunasi utang KTA," kata Widya Yuliarti, Financial Planner Finansialku.com . 

Anda bisa bekerja paruh waktu di akhir pekan untuk mendapatkan tambahan pendapatan.

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru