Catat, ini cara membedakan emas asli dan palsu, Anda bisa coba

Jumat, 24 September 2021 | 16:06 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Catat, ini cara membedakan emas asli dan palsu, Anda bisa coba

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Cara membedakan emas asli dan palsu perlu diketahui oleh calon konsumen yang ingin membeli produk emas. Sebab, saat ini emas menjadi salah satu instrumen investasi yang bisa membawa keuntungan menarik bagi Anda. 

Harga emas yang cenderung naik membuatnya menjadi salah satu pilihan instrumen investasi yang digemari oleh hampir semua kalangan. Selain itu, emas juga seringkali digunakan sebagai hadiah dan juga mahar pernikahan. 

Di Indonesia, emas batangan diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk (Antam) . Selain Antam, terdapat PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) yang juga mengeluarkan produk emas batangan dan perhiasan.

Untuk itu, calon pembeli harus jeli agar bisa membedakan emas asli dan palsu. Lantas, bagaimana cara membedakan emas asli dan palsu? 

Baca Juga: Bunga Deposito Mandiri dan BRI, Senin 2 Agustus 2021

Cara membedakan emas asli dan palsu

Dirangkum dari laman resmi Logam Mulia Antam, berikut cara membedakan emas asli dan palsu: 

1. Perhatikan dengan baik bagian fisik dari emas tersebut

Cara membedakan emas asli dan palsu yakni dapat dilihat dari fisiknya. Anda bisa lihat tanda–tanda khusus yang biasanya ada di emas murni atau emas batangan. 

Misalnya, cap yang menandakan kadar emas tersebut. Umumnya menggunakan satuan fineness, tetapi lazimnya dikenal dengan menggunakan satuan karat dalam angka mulai dari 10K, 18K, dan 24K.

2. Jika digosok warnanya berubah

Selanjutnya, cara membedakan emas asli dan palsu adalah dengan menggosok permukaan emas dengan menggunakan telapak tangan atau telunjuk Anda.

Jika setelah digosok warnanya jadi pudar dan tidak seragam, bisa dipastikan itu adalah emas palsu, begitu pun sebaliknya.

Baca Juga: Harge emas spot melemah usai dolar stabil, investor menanti data tenaga kerja AS

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru