Investasi

Cara Pensiun Lebih Cepat dalam 5 Langkah

Jumat, 13 September 2024 | 09:45 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Cara Pensiun Lebih Cepat dalam 5 Langkah

ILUSTRASI. Proses untuk pensiun dini sebenarnya cukup sederhana, tetapi tidak mudah.


PENSIUN DINI - Beberapa waktu belakangan, sejumlah negara membahas untuk menaikkan usia pensiun. Namun, di sisi lain, banyak orang pemberani yang menargetkan untuk menghentikan rutinitas bekerja dari jam 9 pagi hingga 5 sore, jauh sebelum waktunya. Bagi mereka, usia 40 adalah usia 65 yang baru.

Aspirasi ini biasanya disambut baik oleh pekerja yang lebih muda. Survei Qualtrics terhadap 3.000 pekerja Amerika mengungkapkan bahwa hampir seperempat pekerja Milenial dan Gen Z yang lebih muda berencana untuk pensiun dini, dengan 41% dari mereka menargetkan untuk pensiun pada usia 50 tahun.

Cara pensiun dini

Di Amerika, Gerakan FIRE (Kemandirian Finansial, Pensiun Dini), kerap dijadikan tempat para influencer untuk mendokumentasikan perjalanan mereka pensiun di usia 30-an dan 40-an. 

Namun, karena pensiun dini masih jauh dari norma, masih banyak kesalahpahaman tentang hal itu.

Sebenarnya, prosesnya sederhana tetapi tidak mudah. ​​

Jika Anda ingin mempercepat transisi ke kehidupan setelah bekerja, berikut adalah enam langkah utama untuk pensiun dini seperti yang dikutip dari Kiplinger.com:

1. Tetapkan tingkat tabungan yang tinggi

Intinya, semakin tinggi persentase pendapatan yang Anda tabung, semakin cepat Anda dapat pensiun.

Namun, rata-rata orang Amerika hanya menabung sekitar 4% dari penghasilan mereka, sangat kontras dengan 10-15% yang direkomendasikan oleh para ahli keuangan. 

Analisis T. Rowe Price menunjukkan bahwa menabung di kisaran yang lebih tinggi dapat membantu Anda mengumpulkan 11 kali lipat pendapatan sebelum pensiun pada usia 65 tahun.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia

Oleh karena itu, untuk pensiun dini, angka ini harus jauh lebih tinggi. Para penggemar FIRE sering kali bertujuan untuk menabung antara 50-70% dari pendapatan mereka, yang menunjukkan bahwa pensiun dini memerlukan perubahan besar dalam kebiasaan belanja dan menabung bagi sebagian besar orang.

2. Maksimalkan pendapatan Anda

Penghasilan yang tinggi bukanlah prasyarat untuk pensiun dini. Pertimbangkan survei oleh Empower yang menunjukkan bahwa orang Amerika mengasosiasikan kemandirian finansial dengan pendapatan tahunan sekitar US$ 94.000.

Namun, persamaannya jelas: penghasilan yang lebih tinggi memfasilitasi tabungan yang lebih besar.

Anda mungkin dapat meningkatkan penghasilan Anda dalam karier Anda saat ini dengan bekerja lebih lama, mencari promosi, atau beralih ke pekerjaan dengan gaji yang lebih baik. 

Baca Juga: 10 Aturan Disiplin untuk Meraih Kekayaan

Di luar pekerjaan konvensional, Anda dapat memulai pekerjaan sampingan, mencari peluang kerja lepas, atau berinvestasi dalam aset yang dapat menghasilkan pendapatan pasif. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru