HOME

Cara bijak mengelola keuangan menjelang Lebaran, jangan belanja berlebihan

Senin, 10 Mei 2021 | 19:50 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Cara bijak mengelola keuangan menjelang Lebaran, jangan belanja berlebihan

KONTAN.CO.ID - Menjelang Lebaran, tentu ada banyak hal yang ingin Anda beli, seperti kue dan baju baru. Tapi, Anda tetap harus bijak mengelola keuangan.

Lebaran memang identik dengan barang-barang yang baru. Sehingga, tidak asing lagi pusat perbelanjaan selalu ramai menjelang Hari Raya Idul Fitri. 

Membeli barang-barang tersebut jelas membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Ada baiknya, jika Anda menahan diri agar tidak boros terlebih di tengah pandemi yang masih berlangsung. 

Dengan mengelola keuangan secara baik saat menjelang Hari Raya Idul Fitri, Anda akan lebih siap menghadapi kemungkinan tidak terduga di masa depan. 

Melansir dari laman Universitas Gadjah Mada (UGM), dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM Akhmad Akbar Susamto menyampaikan, Lebaran tahun ini akan berlangsung di tengah krisis ekonomi akibat dari pandemi. 

Selain itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih berjalan negatif selama empat triwulan terakhir. 

“Kemungkinannya situasi ini masih akan bertahan hingga beberapa bulan ke depan bahkan akhir tahun 2021. Karenanya, penting untuk siapapun menggunakan uang secara bijak, tidak dihabiskan semua untuk Lebaran,” ucap Akhmad. 

Bagaimana cara mengelola keuangan menjelang Lebaran? Berikut ini tips yang mudah diikuti dirangkum dari laman UGM.

Baca Juga: 7 Cara mengusir kecoa dari rumah dengan mudah dan alami

Cara mengelola keuangan menjelang Hari Raya Lebaran

Akhmad memberikan tips mengelola uang dengan bijak menjelang Hari Raya dan mudah untuk diterapkan. Penting untuk diperhatikan agar uang dikelola dengan baik agar tidak dihabiskan semua untuk keperluan Lebaran. 

Belanja Lebaran di kala pandemi seperti saat ini sebaiknya difokuskan pada hal-hal fungsional saja. Sedangkan untuk kebutuhan lain yang sifatnya tidak fungsional sebaiknya dihindari terlebih dahulu. 

Bagaimana jika ada kelebihan uang setelah membeli barang-barang fungsional? Jika kebetulan Anda memiliki rejeki yang berlebih, sebaiknya digunakan untuk membantu orang lain. 

Pandemi Covid-19 membuat banyak masyarakat yang mengalami penurunan pendapatan. Bahkan, tidak sedikit yang kehilangan pekerjaan mereka akibat pandemi. 

“Misalnya, ada kelebihan uang sangat disarankan untuk membantu yang kesusahan. Bukan semata-mata hanya untuk Lebaran saja, tetapi untuk melewati masa krisis saat ini,” sarannya. 

Membantu orang lain yang membutuhkan tentu bisa meringankan beban mereka. Selain itu, Anda juga membantu negara agar bisa cepat keluar dari krisis ekonomi yang sedang melanda. 

Selanjutnya: 10 Kegunaan dari baking soda, dari penghilang bau badan hingga pemutih gigi

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru