Bisa beli rumah idaman, ini untungnya menikah tanpa resepsi mewah

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 18:31 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Bisa beli rumah idaman, ini untungnya menikah tanpa resepsi mewah

ILUSTRASI. Bisa beli rumah idaman, ini untungnya menikah tanpa resepsi mewah. REUTERS/Mariana Greif


KOCEK PERNIKAHAN -  Pernikahan yang sederhana tanpa resepsi yang mewah mendatangkan banyak keuntungan untuk Anda dan pasangan. 

Resepsi pernikahan merupakan salah satu prosesi yang diyakini memakan banyak dana. Resepsi pernikahan terutama resepsi yang megah tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Tidak jarang keluarga kedua mempelai rela mengeluarkan dana hingga ratusan juut Rupiah bahkan berhutang agar resepsi buah hati mereka megah. 

Menurut Siap Nikah, platform dari BKKBN, pernikahan sejatinya bukan soal seberapa mewah resepsi yang diadakan. 

Inti dari rangkaian acara pernikahan adalah mencatatkan ikatan perkawinan secara hukum dan agama. Ikatan yang dilindungi hukum dan agama penting untuk kelangsungan rumah tangga. 

Pernikahan dengan resepsi yang sederhana atau bahkan tanpa resepsi tetap membuat pernikahan Anda berkesan dan bersahaja. 

Bahkan ada banyak keuntungan yang didapat jika biaya resepsi pernikahan digunakan untuk hal-hal lain yang bermanfaat untuk kehidupan rumah tangga. Berikut ini keuntungan menikah tanpa resepsi dari Siap Nikah. 

Baca Juga: Tips work life balance yang penting diterapkan pekerja untuk mengurangi stres

  • Rumah dan Perabotan idaman 

Anda dan pasangan tentu ingin menempati rumah idaman lengkap dengan perabotan yang diidam-idamkan. Sayangnya harga tanah dan properti yang kian naik membuat pasangan muda saat ini sulit untuk memiliki rumah pribadi. 

Jika Anda memilih untuk tidak mengadakan resepsi pernikahan, biaya untuk resepsi bisa dialokasikan untuk membeli rumah idaman. Setidaknya Anda bisa melakukan DP atau uang muka untuk membeli rumah terlebih dahulu menggunakan biaya pernikahan.

Selain rumah idaman, Anda juga bisa membeli perabotan rumah menggunakan dana untuk resepsi. 

Meski tidak semahal harga rumah, namun banyaknya jenis perabotan membuat total biaya yang dibutuhkan untuk membeli furnitur dan barang lainnya juga cukup tinggi. 

Biaya yang awalnya dialokasikan untuk kebutuhan resepsi pernikahan , bisa sangat membantu Anda membeli perabotan penting seperti kursi tamu hingga kasur dan furnitur lainnya. 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru