Anggaran

Begini cara mengelola THR di kala wabah virus corona melanda

Senin, 18 Mei 2020 | 20:10 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Begini cara mengelola THR di kala wabah virus corona melanda

ILUSTRASI. ilustrasi Uang rupiah. KONTAN/Muradi/2019/09/17

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lebaran semakin dekat, Anda sudah terima THR? Jangan buru-buru Anda habiskan untuk belanja ya. Anda sebaiknya mengelola uang THR seperti saran dari para ahli perencana keuangan berikut.  

Hari raya Idul Fitri tahun ini mungkin akan terasa sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Anda yang terbiasa mudik kini harus tetap berada di kota perantauan. Sebab, Pemerintah telah menetapkan pelarangan mudik karena wabah virus corona. 

Baca Juga: Tercekik utang pinjaman online? Lunasi dengan cara ini

Mike Rini Sutikno, Financial Planner Mitra Edukasi Keluarga mengatakan dalam momen ini Anda tetap harus mengelola uang Tunjangan Hari Raya (THR) dengan bijak. 

Widya Yuliarti, Financial Planner Finansialku.com mengatakan momen ini jadi waktunya Anda untuk memiliki tabungan lebih. Sebab, Anda tidak perlu menganggarkan dana mudik lebaran tahun ini. 

Para ahli financial planner tersebut mengingatkan Anda tidak boleh jor-joran menghabiskan dana THR. Berikut saran dari Mike dan Widya untuk mengelola dana THR di momen wabah penyakit menular.  

Penuhi kebutuhan pokok

Saat THR masuk ke dalam rekening tabungan, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah buat daftar kebutuhan pokok saat perayaan hari raya Idul Fitri. 

Ambil contoh Anda buat daftar anggaran belanja masakan untuk perayaan Lebaran. Anda masukkan juga anggaran angpao yang akan diberikan kepada keluarga. 

Mike mengingatkan Anda sebaiknya tidak jor-joran saat membuat anggaran belanja untuk perayaan lebaran. Dengan begitu Anda masih punya sisa uang untuk memenuhi kebutuhan yang lainnya.

"Porsi idealnya Anda jangan sampai menghabiskan lebih dari 50% dari total THR untuk belanja kebutuhan pokok hari raya Idul Fitri, toh tidak mudik," kata Mike pada KONTAN.    

Lunasi utang 

Bila Anda memiliki utang sebaiknya segera lunasi atau cicil pinjaman tersebut. Bila nilai utang lebih kecil dari sisa uang THR, Anda sebaiknya melunasi secara sekaligus. 

Namun, bila nilai utang lebih besar dari dana sisa THR, Anda bisa membayarkan senilai cicilan.  

Tabung sisa uang THR 

Terakhir, bila uang THR masih bersisa Anda bisa menyimpannya ke dalam rekening tabungan. Anda bisa menggunakan dana tersebut untuk modal mudik pasca wabah virus corona usai.

Opsi lainnya, Anda bisa menggunakan dana sisa THR untuk menambah dana darurat. Sehingga, Anda mempunyai cukup dana untuk memenuhi kebutuhan bulanan saat berada dalam kondisi krisis.

Pilihan lainnya, Anda bisa menginvestasikan dana tersebut ke dalam reksadana pasar uang atau deposito.

Baca Juga: Ingin ajukan utang saat masa wabah virus corona? Simak dulu tips berikut

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru