4 Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik bagi Pemula

Rabu, 27 Juli 2022 | 14:26 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
4 Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik bagi Pemula

ILUSTRASI. Ilustrasi asuransi mobil./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/24/05/2021.


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Tips memilih asuransi mobil sebaiknya diketahui oleh Anda yang baru saja memiliki kendaraan pertama. Asuransi mobil akan melindungi mobil dari berbagai penyebab kerusakan. 

Mulai dari kerusakan dari kecelakaan, kerusakan karena bencana alam hingga kerusakan karena tindak kejahatan. Sehingga, pentingnya memiliki asuransi mobil membuat pemilik kendaraan butuh informasi mengenai asuransi mobil terbaik yang bisa dipilih. 

Sebab, ada banyak pilihan asuransi kendaraan yang tersedia. Untuk itu, ada sejumlah tips memilih asuransi mobil terbaik dari Duitpintar.com, broker asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh OJK. 

Baca Juga: PLN Ajak Masyarakat Buktikan Hemat dan Amannya Mobil Listrik

Tips memilih asuransi mobil

Asuransi Mobil

Dirangkum dari keterangan resmi Duitpintar.com, berikut adalah tips memilih asuransi mobil terbaik bagi Anda:

1. Pilih jenis asuransi yang sesuai

Tips memilih asuransi mobil terbaik adalah Anda harus tahu lebih dulu mana asuransi yang lebih sesuai untuk mobil Anda, All Risk atau komprehensif dan Total Loss Only (TLO).

Usia kendaraan juga memengaruhi ketersediaan pilihan polis asuransi. Secara umum, asuransi All Risk batasnya adalah usia mobil 10 tahun, sementara jenis TLO bisa hingga 15 tahun.

Namun, aturan ini dapat berbeda-beda di setiap perusahaan asuransi. Ada yang menawarkan asuransi All Risk dengan usia kendaraan maksimal 8 tahun dan TLO dengan usia maksimal 12 tahun.

Kedua asuransi ini sebenarnya bisa digabungkan untuk mendapatkan proteksi yang lebih maksimal. Ini disebut dengan asuransi mobil kombinasi.

Baca Juga: Buktikan Kelebihan Mobil Listrik, PLN Ajak Masyarakat Touring Jakarta-Bali

2. Pilih perusahaan asuransi dengan kredibilitas terpercaya

Selanjutnya, tips memilih asuransi mobil adalah pastikan Anda memilih asuransi yang kredibilitasnya baik. Salah satunya, bisa dari kesehatan keuangan perusahaan tersebut. 

Ini bisa dilihat dari RBC atau Risk Based Capital perusahaan asuransi yang minimal nilainya adalah 120% untuk dianggap sehat. Anda juga bisa melihat dari ulasan perusahaan tersebut karena penilaian dari pelanggan memang jadi salah satu indikator termudah untuk menilai suatu produk.

3. Bandingkan harga premi versus fitur layanannya

Harga premi yang beragam juga disesuaikan dengan manfaat yang kamu dapatkan. Jangan pilih asal murah, tapi pastikan dulu apakah manfaatnya sudah memenuhi kebutuhan Anda.

Anda juga bisa menambahkan rider atau manfaat pada setiap polis asuransi jika Anda memang membutuhkannya.

Baca Juga: Punya Prospek Cerah pada 2022, Cermati Rekomendasi Saham Saratoga Investama (SRTG)

4. Pilih asuransi yang punya bengkel rekanan luas

Tips terakhir, Anda sebaiknya memilih asuransi mobil yang memiliki bengkel rekanan yang banyak. Semakin banyak bengkel rekanan maka proses klaim akan semakin mudah, sehingga lebih cepat juga mobil Anda dapat ditangani.

Demikian tips memilih asuransi mobil terbaik yang bisa Anda lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru