3 Strategi agar bisnis bisa bertahan di masa pandemi

Kamis, 21 Januari 2021 | 09:03 WIB Sumber: Kompas.com
3 Strategi agar bisnis bisa bertahan di masa pandemi

ILUSTRASI. Setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan para pelaku usaha agar bisa bertahan di tengah pandemi. KONTAN/Baihaki


TIPS & TRIK - JAKARTA. Hampir semua sendi kehidupan terpukul pandemi. Hal terjadi di berbagai belahan dunia, tak terkecuali di Indonesia. Tidak sedikit sektor yang sangat terpukul lantaran tidak adanya omzet. 

Khususnya para pelaku usaha bisnis, banyak yang mengalami penurunan omzet yang mengharuskan mereka untuk gulung tikar. 

Untuk bisa bertahan, CEO Zode, Edward D mengatakan, setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan para pelaku usaha agar bisa bertahan di tengah pandemi. 

Pertama, terus melakukan inovasi dan tanggap terhadap kebutuhan market online sehingga pelanggan makin loyal terhadap produk. 

Baca Juga: Pandemi bikin operasional bank jadi tak efisien

Kedua, para pengusaha harus mengetahui dan menguasai nilai keunikan dari produk yang dikeluarkan. Jika hal itu sudah menyatu dengan konsumen, otomatis hal ini menjadi identitas dari brand yang dikembangkan. 

Ketiga, pelaku usaha harus cekatan dalam menangani keluhan dari para pelanggan. Hal ini akan memiliki nilai baik untuk meningkatkan loyalitas terhadap suatu produk. 

Baca Juga: Pertumbuhan ekonomi dan bisnis digital bakal berlanjut, simak rekomendasi para pakar

“Dalam hal ini kami selalu memperhatikan purna jual dari produk yang kami jual," ujar Edward dalam keterangan tertulisnya, Rabu (20/1/2021). 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru