Simak cara hemat pengeluaran di tengah ancaman resesi ekonomi di Indonesia

Minggu, 25 Oktober 2020 | 06:52 WIB Sumber: Kompas.com
Simak cara hemat pengeluaran di tengah ancaman resesi ekonomi di Indonesia

ILUSTRASI. Simak cara hemat pengeluaran di tengah ancaman resesi ekonomi di Indonesia


RESESI EKONOMI - Jakarta. Indonesia terancam masuk jurang resesi ekonomi karena pertumbuhan ekonomi kuartal II 2020 negatif 5,3%. Bahkan sejumlah negara sudah lebih dahulu mengalami resesi ekonomi pandemi corona.

Di tengah ancaman jurang resesi ekonomi, masyarakat harus pandai mengatur keuangan. Kebiasaan konsumsi harus diubah agar pengeluaran tidak membengkak.

Berikut ini ada beberapa tips mengubah kebiasaan konsumtif dari laman Highsnobiety agar bisa hidup hemat dan keuangan pribadi tetap sehat selama berada di jurang resesi ekonomi.

1. Pakai botol air minum yang reusable

Memakai botol air minum yang bisa digunakan kembali (reusable) mencegah kita untuk membeli air kemasan plastik terus-menerus. Selain bisa mengurangi sampah, kita juga jadi berhemat pengeluaran.

Sejumlah merek fesyen ternama sudah mulai terjun dalam langkah hidup keberlanjutan ini. Misalnya saja Prada yang mengeluarkan botol air minum berbahan logam pada bulan Maret. Kemudian, brand Off-White ™ yang merilis kantung botol tahun lalu.

Baca juga: Brosur promo Hari Hari KJSM 24 Oktober, belanja hemat di akhir pekan

2. Membeli barang-barang bekas

Terkadang kita tidak harus selalu membeli barang-barang baru. Cobalah melihat barang-barang bekas yang mungkin memiliki gaya vintage, serta harga yang murah meriah.

Semakin banyak juga brand yang memperbarui produk bekas mereka untuk dikembalikan lagi ke pasar seperti The North Face, Patagonia, Levi's dan Arc'teryx. Mereka tetap menjamin ketahanan barang-barang lama tersebut.

Membeli barang-barang bekas memamg bisa sangat berisiko. Seperti membeli tas Louis Vuitton bekas yang mungkin lebih cepat rusak. Tapi dengan cara ini kita mengurangi sifat konsumtif.

Editor: Adi Wikanto

Terbaru