Ingin menjadi presenter kredibel dan terpercaya, kemampuan ini yang harus Anda punya!

Kamis, 22 April 2021 | 09:29 WIB   Reporter: Tim KONTAN
Ingin menjadi presenter kredibel dan terpercaya, kemampuan ini yang harus Anda punya!

ILUSTRASI. Cara mengatasi gugup saat presentasi di depan umum.


MANAJEMEN - JAKARTA. Saat mengikuti seminar atau presentasi, seringkali ada kekaguman ketika melihat  pembicara bisa menyampaikan pesan atau presentasi dengan lancar, sistematis dan mudah dimengerti.

Sebagai audiens pun, kita bisa terbawa suasana hingga pada akhirnya bisa memahami pesan yang tersampaikan dan mengetahui apa yang harus kita lakukan. Inilah kekuatan komunikasi yang diperlukan untuk seorang presenter profesional.

Hanya saja, menjadi presenter yang meyakinkan, kredibel dan bisa mempengaruhi orang lain bukan hal yang mudah.

Baca Juga: Dengan analisis data yang tajam, presentasi lebih akurat dan penjualan melesat

Joshua Siregar, National Marketing Director Dale Carnegie Indonesia mengungkapkan, salah satu kendala yang ditemui pada seorang presenter adalah penyampaian materi yang tidak runtut atau kurang sistematis.

“Dampaknya, bicaranya jadi mondar-mandir, pesan tidak koheren dan justru membingungkan audiens,” papar Joshua.

Oleh karena itu, menjadi kewajiban seorang presenter untuk menyiapkan konsep dan materi presentasi sebaik mungkin.  “Presentasi itu harus tertata dan terstruktur, sehingga pesan atau kontennya bisa tersampaikan,” jelasnya.

Untuk mengetahui bagaimana menyusun presentasi secara terstruktur, bersama dengan Tim Dale Carnegie, Kontan Academy menyelenggarakan Webinar Sukses Presentasi: Menyampaikan Informasi dengan Menyakinkan & Kredibel.

Editor: Yudho Winarto

Terbaru