Begini cara mengatur keuangan untuk Anda yang bergaji UMR

Minggu, 21 Juni 2020 | 10:17 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Begini cara mengatur keuangan untuk Anda yang bergaji UMR

ILUSTRASI. ilustrasi uang. KONTAN/Muradi/2016/06/30


ANGGARAN - JAKARTA. Anda tergolong orang-orang yang menerima gaji UMR saban bulannya? Jangan sedih, berikut cara mengatur gaji pas-pasan agar tetap bisa hidup cukup.

Jangan bersedih hati bila saat ini Anda menerima gaji UMR (Upah Minimum Regional) saban bulannya. Fitri Agustina, Financial Planner OneShildt mengatakan seseorang dengan gaji setara Upah Minumum Regional (UMR) tetap bisa hidup cukup.   

Baca Juga: Begini cara menabung untuk Anda yang bergaji pas-pasan

Widya Yuliarti, Financial Planner Finansialku.com, menyarankan setiap orang harus pintar mengolah gaji yang diterima. Tujuannya, Agar Anda tidak sampai merasa kekurangan dan berujung terlilit utang.

Kedua ahli perencana keuangan  ini menyarankan empat langkah mengatur gaji UMR, berikut komposisinya. 

Pertama, Anda sisihkan sekitar 30% dari total gaji untuk pengeluaran produktif. Widya menjelaskan pengeluaran produktif adalah pengeluaran untuk memenuhi tabungan atau investasi.

"Dana tersebut dipakai untuk tabungan dana darurat, liburan, dan investasi," katanya. Nominal pembagiannya bisa Anda sesuaikan dengan keinginan. 

Kedua, Anda alokasikan sekitar 20% dari gaji untuk membayar premi asuransi kesehatan. Ini bisa dilakukan bila Anda tidak mendapatkan fasilitas asuransi dari perusahaan.

Kalau Anda menjadi tulang punggung keluarga, sebaiknya gunakan dana tersebut untuk membeli asuransi jiwa. Agar, kehidupan keluarga tetap terjamin meskipun Anda sudah tiada.

Opsi lainnya, menurut Fitri, dana tersebut bisa juga digunakan untuk membayar cicilan utang kendaraan. Selain itu, Anda juga dapat gunakan untuk membayar utang kartu kredit.

Ketiga, Anda ambil sekitar 10% dari total gaji untuk anggaran sedekah bulanan.

Keempat, Anda manfaatkan 40% dari gaji untuk mencukupi seluruh biaya konsumsi sehari-hari. "Dana tersebut sudah termasuk untuk membayar sewa kos, makan, dan entertaiment," kata Widya. 

Baca Juga: Bebas finansial di usia muda? Bisa banget, begini caranya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru