Agar menabung tak cuma wacana, ikuti 3 poin ini

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 13:27 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Agar menabung tak cuma wacana, ikuti 3 poin ini

ILUSTRASI. Ilustrasi millenial mulai membiasakan diri menabung untuk mewujudkan impiannya.


ANGGARAN - JAKARTA. Nabung mulai besok, kata tersebut umumnya cuma jadi wacana untuk sebagian millenial. Karena, mereka sering terbuai untuk belanja kosmetik atau nongkrong di cafe kekinian.

Selain mempunyai sifat boros, millenial susah menabung karena mempunyai cara berpikir yang salah. "Mereka berpikirnya menabung di akhir bulan saja, toh nanti ada sisanya," kata Widya Yuliarti, Financial Planner Finansialku.com.

Baca Juga: Ingin punya iPhone 11, ini cara membeli tanpa berutang

Kenyataannya, saldo rekening mereka sudah mendekati jumlah minimal di akhir bulan. Alhasil, mereka tidak bisa menabung karena tidak ada lagi uang yang tersisa.

Apakah Anda tergolong dalam millenial yang susah menabung?

Mike Rini Sutikno, Financial Planner Mitra Rencana Edukasi mengatakan menabung itu mudah asalkan Anda mau untuk mencobanya terlebih dahulu.

Asal tahu saja, dengan menabung Anda tidak perlu berutang untuk mewujudkan sesuatu yang diinginkan. Selain itu, dana tabungan dapat menjadi penyelamat Anda ketika sedang berada dalam kondisi krisis. 

Tetapkan tujuan

Anda wajib membuat tujuan atau target sebelum mulai menabung. Tujuannya, Anda dapat disiplin menyisihkan uang untuk ditabung.

Misalnya, Anda dapat membuat tujuan menabung untuk travelling ke Manila tahun depan. Anda buat daftar kebutuhan dan hitung biaya yang harus disiapkan untuk rencana tersebut.

Baca Juga: Kuliah di luar negeri, ini cara atur keuangan

Hasil perhitungannya menjadi nilai yang wajib Anda simpan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru