OJK resmikan penyelenggaraan IFEF 2013

Jumat, 04 Oktober 2013 | 11:59 WIB   Reporter: Oginawa R Prayogo
OJK resmikan penyelenggaraan IFEF 2013

ILUSTRASI. Suasana pelayanan pajak di KPP Pratama Jakarta Tanah Abang Tiga, Jakarta Pusat. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha


JAKARTA. Pameran serba-serbi tentang produk keuangan dan investasi, Indonesia Financial Expo dan Forum (IFEF) 2013 digelar untuk ketiga kalinya di Jakarta. Sebelumnya, acara serupa juga digelar di Surabaya, tepatnya pekan lalu.

Lokasi penyelenggaraan IFEF 2013 berada di Jakarta Convention Centre (JCC), dan berlangsung hari Jumat ini (4/10) sampai 6 Oktober mendatang. Perlu diketahui, IFEF diselenggarakan PT Grahanusa Mediatama, penerbit Media Bisnis dan Investasi KONTAN, yang bekerjasama dengan PT Debindo Mitra Dyantama.

Acara yang ditunggu investor dan pelaku industri keuangan ini diresmikan Kusumaningtuti S. Setiyono, selaku Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bidang edukasi dan perlindungan konsumen bersama dengan Ardian Taufik Gesuri, Pemimpin Redaksi Media Investasi KONTAN.

"Saya menyambut baik acara yang digelar KONTAN ini. Karena sangat baik untuk mengedukasi masyarakat tentang investasi," kata Titu sapaan akrab Kusumaningtuti di JCC, Jumat (4/10). Menurut Titu, edukasi dan sosialisasi tentang literasi finansial termasuk pilar utama yang diemban OJK.

Dalam penyelenggaraan IFEF 2013, pihak panitia menargetkan 20.000 pengunjung. Jumlah tersebut naik, jika dibanding jumlah realisasi kunjungan IFEF tahun 2011 yang baru didatangi 9.000 orang, dan tahun 2012 dikunjungi 12.000 orang.

Dengan tema 'Invest Now For Better Tomorrow,' Ardian berharap, pengunjung bisa mencari dan menemukan informasi terkait peluang investasi.  "Mari ajak masyarakat untuk tidak menunda investasi, dan mengajak mereka melakukan perencanaan keuangan demi masa depan yang baik," kata Ardian.

Selain menjadi ruang pertemuan bagi pengelola industri keuangan dengan calon investor, selama IFEF 2013 terdapat promosi dan edukasi yang disediakan industri keuangan. Maklum, acara ini dikemas dengan menggabungkan konsep pameran, kosultasi, talkshow, serta workshop finansial dan investasi dalam satu rangkaian acara besar.

Selain itu, IFEF di Surabaya maupun Jakarta menyediakan layanan pemeriksaan kondisi keuangan (financial diagnosis) dan konsultasi perencanaan keuangan (financial clinic) yang disediakan oleh sejumlah firma perencana keuangan (financial planner) yang mendukung  acara ini.

Selanjutnya, pengunjung bisa membekali diri dengan mengikuti berbagai talkshow keuangan dan investasi yang digelar di panggung terbuka (open stage) maupun kelas-kelas khusus.  

Sementara itu, peserta pameran IFEF 2013 ini mencakup perusahaan penyelenggara bursa, bank, perusahaan sekuritas, pialang bursa berjangka, manajer investasi, firma perencanaan keuangan,  perusahaan asuransi, perusahaan-perusahaan lain penyedia jasa pendukung industri keuangan dan pasar modal, serta perusahaan properti.

Diantara perusahaan atau institusi yang menjadi peserta pameran IFEF 2013 adalah: Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bursa Efek Indonesia (BEI), Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), Kliring Penjamin Efek Indonesia (KPEI), Jakarta Future Exchange (JFX), Manulife Asset Management Indonesia, HSBC, Panin Asset Management, Phillip Securities & Asia Charts, Askap Futures, dan Kresna Securities.

Ada pula, Bank Jatim, HD Capital, Commonwealth Bank, Danareksa, Eastpring Investments Indonesia, BNI Asset Management, Samuel Asset Management,  Monex Investindo Futures, dan Sucorinvest. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri

Terbaru