Inilah tanda Anda sudah bebas secara finansial

Selasa, 09 Agustus 2016 | 10:11 WIB   Reporter: Harris Hadinata
Inilah tanda Anda sudah bebas secara finansial


JAKARTA. Wayan termasuk orang yang sadar pentingnya mempersiapkan dana untuk kebutuhan di masa mendatang. Karena itu, sejak pertama kali bekerja, ia sudah rajin menyisihkan menabung sebagian pendapatan. Seiring berjalannya waktu, ia pun tidak lagi hanya mengandalkan tabungan. Ia mulai menempatkan dana di deposito.

Wayan kemudian mulai mencicil rumah, sembari tetap berusaha menabung. Cicilan KPR yang ia miliki berjalan lancar. Utang kartu kredit pun selalu bisa ia bayar lunas. Karena itu, ia pun yakin kondisi keuangannya sudah sehat.

Cuma, ia tetap menjadi pusing tujuh keliling tiap tahun ajaran baru. Sebab, ia harus keluar duit untuk biaya sekolah anaknya. Belum lagi kalau anaknya masuk ke sekolah baru yang jenjang pendidikannya lebih tinggi. “Setiap tahun ajaran baru uang rasanya lebih cepat terkuras,” tukas dia.

Ada yang merasakan hal serupa? Kalau begitu, belum tentu kondisi keuangan Anda benar-benar sehat, lo. Kalau Anda tidak buru-buru memperbaikinya, Anda juga bakal susah mencapai kebebasan finansial atawa financial freedom.

Bisa mencapai kebebasan finansial tentu jadi impian banyak orang. Apa tandanya seseorang sudah mencapai kebebasan finansial? “Secara sederhana, seseorang bisa dikatakan sudah bebas finansial kalau dia bisa tetap memenuhi kebutuhan hidup meski tanpa bekerja,” kata Rakhmi Permatasari, perencana keuangan dari Safir Senduk & Rekan.

Dana untuk memenuhi kebutuhan hidup diperoleh dari aset aktif. Aset ini bisa berupa investasi riil seperti menjalankan bisnis maupun investasi di surat berharga seperti obligasi. “Aset aktifnya sudah dapat memenuhi kebutuhan dan keinginannya tanpa harus bekerja lagi,” jelas perencana keuangan independen Pandji Harsanto.

Selain itu, untuk mencapai kebebasan finansial dibutuhkan kondisi keuangan yang sehat. Tapi, seseorang yang kondisi keuangannya sudah sehat juga belum tentu sudah mencapai financial freedom.

Bagaimana mengetahui kondisi keuangan yang sehat dan sudah mencapai kebebasan finansial? Pandji menyebut, hal tersebut bisa dilihat dari tiga hal, yakni aset lancar, aset investasi dan utang.

Aset lancar adalah aset yang berupa uang kas, tabungan, termasuk investasi. Orang dengan kondisi keuangan yang sehat memiliki aset lancar sekitar 15%–20% dari kekayaan bersih. Sementara orang yang sudah mencapai kebebasan finansial aset lancarnya bisa kurang dari 5% kekayaan bersih. Cuma, ia bisa mudah memperoleh kas dari aset aktifnya.

Lalu aset investasi orang yang kondisi keuangannya sehat biasanya kurang dari 50%, atau mendekati 50% kekayaan bersih. “Kalau bebas finansial aset investasinya lebih dari 50%, bisa mendekati 80%–90% dari kekayaan bersih,” ungkap Pandji.

Utang juga bisa menjadi indikator orang yang sudah mencapai kebebasan finansial. Orang yang keuangannya sehat mungkin masih memiliki utang dalam rasio yang sehat, yakni sekitar 30% dari penghasilan. “Kalau orang yang sudah mencapai financial freedom biasanya sudah tidak punya utang lagi,” kata Rakhmi. Kalaupun ada, utang bukan atas namanya langsung, melainkan atas nama perusahaan atau bisnisnya.

Nah, apakah keuangan Anda sudah bebas secara finansial?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Harris Hadinata

Terbaru