Agar sukses, jangan lupa evaluasi

Kamis, 01 September 2016 | 15:45 WIB   Reporter: Febriana Tambunan
Agar sukses, jangan lupa evaluasi


JAKARTA.Mungkin banyak orang yang rasio keuangannya sebenarnya bermasalah. Cuma, banyak juga orang yang tidak menyadari hal tersebut.

Ada cara gampang untuk tahu apakah rasio keuangan sedang bermasalah. "Jika seseorang kesulitan mencukupi target-target keuangannya maka ia harus berbenah dengan melakukan diet," kata Eko Endarto, perencana keuangan Finansia Consulting.

Selain itu, coba periksa juga barang-barang Anda, terutama yang baru saja Anda beli dalam setahun terakhir. Apakah Anda menemukan barang yang ternyata jarang Anda pakai? Apakah Anda menemukan banyak makanan di kulkas yang tidak termakan?

Kalau Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan tadi dengan jawaban ya, berarti Anda perlu mulai diet finansial. Apalagi kalau tagihan kartu kredit Anda sudah mulai menumpuk dan Anda mulai kesulitan membayar. "Gejala-gejala tadi jadi sinyal untuk segera melakukan diet," kata Mike Rini, CEO Mitra Rencana Edukasi Financial & Business Advisory.

Agar diet bisa sukses, jangan sembarang menyusun program. Sama seperti diet kesehatan, Anda tidak bisa hanya sekadar berlapar-lapar mengurangi makan. Alih-alih sehat, Anda malah bisa jadi kelaparan dan sakit.

Begitu pula dengan diet finansial. Anda perlu melengkapi diri dengan riset. Agar target-target keuangan yang Anda susun tercapai, Anda perlu riset instrumen investasi yang cocok dengan profil risiko serta tujuan keuangan Anda.

Bagaimana mengetahui diet keuangan yang dilakukan berhasil? "Indikatornya adalah target yang ditentukan tercapai," ujar Mike. Untuk memastikan target tercapai, Anda juga perlu melakukan evaluasi rutin program diet Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Harris Hadinata

Terbaru